Share

8 Cemilan yang Aman untuk Pejuang Diet, Gak Bikin Berat Badan Naik!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Selasa 01 November 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 298 2698375 8-cemilan-yang-aman-untuk-pejuang-diet-gak-bikin-berat-badan-naik-KiAAqXrqhl.jpg Cemilan yang aman dikonsumsi pejuang diet (Foto: Timesofindia)

BAGI beberapa orang yang tengah berjuang menurunkan berat badan, terkadang merasa bersalah ketika mengonsumsi cemilan berupa makanan ringan seperti keripik singkong atau kentang, es krim dan makanan lain yang dianggap sebagai sebuah pantangan.

Namun, membatasi diri Anda untuk tidak makan makanan kesukaan Anda saat diet, hal ini akan menimbulkan keinginan yang justru berdampak buruk setelah Anda mendapatkan berat badan ideal Anda. Yang terpenting adalah dengan tetap makan makanan yang kamu suka dan cermat untuk mengatur batas kalori harian.

Selain itu ada beberapa pilihan camilan, yang sangat cocok bagi para pejuang diet agar tak bosan dengan makanan utama yang mungkin selalu sama. Berikut ada 8 daftar makanan camilan yang enak, mengenyangkan dan memiliki kandungan karbohidrat kompleks, sehingga membuat anda kenyang lebih lama dikutip dari Eatingwell, Selasa (1/11/2022). 

1. Almond

Almond

Kacang adalah camilan sehat yang enak. Meskipun tinggi lemak, Anda tidak perlu menghindarinya ketika sedang mencoba mengatur berat badan.

Misalnya, almond memberikan serat, protein, dan lemak sehat yang mengenyangkan. Mereka membantu menjaga rasa lapar, meningkatkan kesehatan jantung Anda, dan bahkan dapat membantu menghilangkan lemak perut. Satu ons almond mengandung 23 almond, yang menyediakan 172 kalori, 3 gram serat, dan 6 gram protein. Ambil segenggam, makan dengan beberapa buah kering dan cokelat hitam atau oleskan mentega almond di atas apel.

2. Buah citrus

Jeruk bali utuh memiliki sekitar 130 kalori dan 5 gram serat. Belum lagi, ia memberikan 100 persen kebutuhan vitamin C harian untuk wanita. Banyak nutrisi yang dikemas ke dalam buah jeruk asam ini.

3. Kacang Garbanzo

Kacang garbanzo memiliki tekstur daging dan rasa pedas disertai dengan banyak serat yang mengenyangkan dan sedikit protein-sempurna, tepat bagi Anda yang sedang memperhatikan berat badan. Setiap setengah cangkir kacang garbanzo memiliki sekitar 150 kalori, 8 gram protein dan 7 gram serat. Salah satu cara mudah, untuk mengolah kacang garbanzo sebagai camilan, adalah dengan memegangnya atau masukkan ke dalam penggorengan udara, untuk camilan renyah yang mudah dikemas.

4. Anggur

Anggur mungkin mengandung gula alami yang tinggi, tetapi Anda dapat menikmatinya satu per satu dan perlahan-lahan untuk memuaskan selera manis Anda. Satu cangkir anggur menawarkan sekitar 100 kalori, masukkan anggur ke dalam freezer untuk camilan anti ribet.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

5. Dark Chocolate

Dark Chocolate

Menurunkan berat badan bukan berarti berhenti mengonsumsi makanan yang Anda sukai. Percaya atau tidak, memberi diri Anda sedikit suguhan bisa jadi salah satu rahasia untuk menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Jika Anda suka dessert manis seperti cokelat, kamu sangat boleh memakannya. Yang terpenting adalah mengetahui berapa kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat diet, tak perlu merasa bersalah ketika kamu makan makanan manis satu ini.

6. Popcorn

Popcorn memiliki protein yang tinggi. Satu ons popcorn memiliki 4 gram serat, hampir 3 gram protein, dan mengandung 110 kalori. Kombinasi ini menjadikannya camilan dengan daya tahan. Anda dapat membuat popcorn sendiri dengan bahan dan cara yang sangat mudah. Dengan membuat popcorn sendiri, Anda bisa mengontrol jumlah caramel yang dicampur ke dalam makanan Anda.

7. Yogurt

Yogurt adalah makanan ringan yang sempurna untuk mengisi kekosongan nutrisi—yogurt menyediakan kalsium dan serat—dua nutrisi yang sering tidak cukup dikonsumsi orang. Yogurt dengan buah memberikan kalsium dan serat, ditambah protein dan probiotik yang menyehatkan usus.

Pilih yogurt tawar dan tambahkan buah untuk rasa manis dan serat alami. Yoghurt dengan rasa tertentu sering memberikan banyak tambahan gula dan kalori ekstra. Susu murni dan yogurt tawar rendah lemak juga merupakan pilihan yang bergizi.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang membantu Anda kenyang tanpa meningkatkan gula darah Anda. Ditambah, itu adalah sumber serat yang baik dan makan lebih banyak serat membantu orang mengatur berat badan.

Meskipun kami menganggapnya sebagai menu sarapan, semangkuk kecil oat juga bisa menjadi camilan yang mengenyangkan, mengenyangkan, dan lezat dengan mengolahnya menjadi camilan seperti protein bar atau dicampur dengan pisang untuk dijadikan bolu pisang oatmeal yang cocok bagi pejuang diet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini