Share

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Pilek atau Demam

Vivin Lizetha, Okezone · Selasa 01 November 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 298 2698874 5-makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-saat-pilek-atau-demam-oaK23go0PA.jpg Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Pilek atau Demam (Foto: Timesofindia)

MAKANAN dan Minuman yang Harus Dihindari saat Pilek atau Demam akan dibahas dalam artikel ini. Karena makanan dan minuman ini dapat memperburuk kondisi Anda yang sedang demam atau pilek. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya.  

Ada banyak makanan yang dapat membantu Anda cepat pulih dari pilek dan demam. Namun tidak semua makanan bisa memberikan efek demikian.

Sebagai orang sakit, tentu harus ada pantangan. Dikutip dari practo.com, Selasa (1/11/2022), ada beberapa makanan yang harus dihindari saat pileh atau demam. Berikut Okezone merangkumnya untuk Anda.

1. Makanan olahan

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Pilek atau Demam

(Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Pilek atau Demam, Foto: Timesofindia)

Hindari makan makanan yang dikemas dalam kemasan, kotak atau barang-barang yang tersedia di restoran cepat saji. Makanan olahan seperti keripik, kue kering, kue, bacon, sosis, dan sebagainya, sarat dengan pengawet, pewarna dan perasa buatan. Semakin banyak makanan yang diproses, semakin jauh dari keadaan alaminya. Semakin sedikit pula nutrisi yang dimilikinya.

BACA JUGA : Jaga Kesehatan, Ini 6 Jenis Makanan yang Bantu Menyehatkan Ginjal

2. Makanan keras

Jika Anda mengalami tenggorokan gatal dan nyeri karena pilek dan demam, harus dipahami bahwa makanan keras dan kering dengan ujung yang tajam dapat semakin mengiritasi tenggorokan.

Hindari keripik renyah, biskuit, kerupuk. Pilihlah makanan yang lebih lembut seperti telur orak-arik, oatmeal, dan sup, untuk menenangkan tenggorokan yang nyeri.

BACA JUGA : 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

3. Makanan manis

Makanan dan minuman dengan tambahan gula tidak pernah baik untuk kesehatan Anda. Terutama ketika Anda sakit. Gula meningkatkan peradangan di tubuh. Peradangan kronis yang berkelanjutan berbahaya bagi kesehatan. Sistem kekebalan yang seharusnya melawan flu dan demam, harus mengalihkan sumber dayanya untuk mengendalikan peradangan berbasis gula, sehingga memperlambat pemulihan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Kafein

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Pilek atau Demam

(Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Pilek atau Demam, Foto: Timesofindia)

Saat terserang pilek dan demam, secangkir kopi atau teh hangat sangat menggiurkan. Apalagi saat tenggorokan tak nyaman. Namun, minuman berkafein seperti kopi dan teh bersifat diuretik sehingga dapat membuat Anda merasa kering.

5. Alkohol

Alkohol diketahui memperlambat sistem kekebalan dan menyebabkan dehidrasi. Hal yang tidak diperlukan saat melawan pilek dan demam. Alkohol meningkatkan peradangan di tubuh dan juga dapat mengganggu tidur. Ia juga membuat obat-obatan menjadi tak berfungsi maksimal. Padahal obat sangat penting untuk proses pemulihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini