Share

5 Buah yang Ampuh Atasi Sembeli dan Nyeri BAB

Tim Okezone, Okezone · Rabu 02 November 2022 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 298 2699607 5-buah-yang-ampuh-atasi-sembeli-dan-nyeri-bab-4fhbzBLIa7.jpg Ilustrasi Buah-buahan. (Foto: Shutterstock)

BUANG Air Besa (BAB) merupakan cara tubuh mengeluarkan sampah-sampah di dalam tubuh. BAB yang normal terjadi antara tiga kali sehari sampai paling sedikitnya tiga kali seminggu dengan warna cokelat, tidak keras, dan tidak terlalu encer.

BAB kurang dari tiga kali sehari dengan feses keras dan menyakitkan bisa dianggap sebagai sembelit. Tapi, jika Anda buang air besar lebih dari dua kali sehari, Anda harus memeriksakan diri ke dokter Anda.

Nah, apakah Anda jadi salah satu orang yang sering mengalami jarang BAB atau nyeri saat BAB? Simak pilihan buah berikut ini yang dipercaya dapat membantu pencernaan agar lebih lancar!

Buah-buahan

Buah Plum

Buah plum dipercaya dapat menjaga kesehatan pada usus. Buah plum mengandung serat selulosa yang dapat melancarkan BAB karena dapat meningkatkan jumlah air pada feses. Dengan begitu, feses akan menjadi lunak. Selain itu, buah ini mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai bakteri baik untuk usus.

Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung banyak serat, folat, vitamin A, C, dan E yang berfungsi untuk melancarkan pembuangan air besar. Selain itu, pepaya juga dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Buah Pisang

Buah pisang, khususnya pisang hijau yang belum matang, mengandung banyak pati resisten yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan usus. Pati resisten merupakan jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh usus kecil. Dengan memakan buah pisang hijau, dapat menghambat kenaikan gula darah secara tajam.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Serat larut pektin yang terkandung di apel dapat menarik air ke dalam usus besar, melunakkan tinja, dan mengurangi waktu transit makanan di usus.

Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung actinidin yang dapat berfungsi untuk meningkatkan gerak usus. Dengan begitu, buah ini dapat mengurangi gejala sembelit dan pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini