Share

Awas, 8 Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok!

Wulansari Listya, Okezone · Sabtu 05 November 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 298 2700600 awas-8-makanan-dan-minuman-ini-bisa-jadi-penyebab-rambut-rontok-rXxwcw0Uin.jpg Makanan penyebab rambut rontok (Foto: Timesofindia)

HAMPIR seluruh orang di dunia pasti mengalami masalah rambut rontok. Kondisi ini tentunya bisa disebabkan dari banyak faktor, salah satunya makanan. Lantas apa saja makanan yang berpotensi menyebabkan rambut rontok?

Masih banyak orang yang tidak sadar bahwa makanan dapat berkontribusi besar pada masalah rambut. Sama seperti menjauhi stress dan polusi, memperhatikan pola makan yang sehat penting untuk dilakukan agar meningkatkan kualitas rambut sehingga tidak mudah rontok.

Oleh karena itu sebaiknya mengetahui daftar makanan apa saja yang harus dijauhi untuk memiliki rambut yang sehat. Tidak perlu khawatir, berikut 8 makanan penyebab rambut rontok yang dirangkum dari skinkraft.com. 

1. Gula dan karbohidrat sederhana

Makanan Manis

Memakan terlalu banyak gula ternyata dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan rambut. Selain itu, makanan manis dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk. Sirkulasi darah yang buruk membuat folikel rambut kehilangan nutrisi yang mereka butuhkan untuk membuat rambut kuat.

BACA JUGA : 8 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami Usai Alami Kerontokan

2. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Kandungan Omega-3 pada ikan juga baik untuk kesehatan rambut. Tapi ada ikan tertentu yang mengandung tinggi merkuri. Mengkonsumsi ikan seperti itu buruk bagi kesehatan rambut dan dapat menyebabkan rambut rontok. Beberapa ikan dengan merkuri yang tinggi yaitu hiu, tuna, makarel, dan barramundi.

BACA JUGA : Keturunan hingga Salah Perawatan, 4 Biang Kerok di Balik Rambut Rontok

3. Alkohol

Alkohol tidak memiliki nilai gizi dan juga tidak memiliki dampak positif pada rambut. Alkohol adalah minuman yang membuat dehidrasi sehingga mengkonsumsi secara teratur dapat membuat rambut menjadi sangat kering. Rambut yang kering dan rapuh tentu membuat rambut menjadi mudah rontok.

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji yang sering kita temui sehari hari berpotensi mempengaruhi kesehatan rambut. Saat terlalu banyak mengkonsumsi junk food berminyak, kelenjar sebum menjadi lebih berminyak juga sehingga menutupi rambut dengan lapisan lemak ekstra. Hal inilah yang membuat rambut sulit tumbuh secara alami.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

5. Putih telur mentah

Telur kaya dengan kandungan protein dan biotin. Kedua komponen ini sangat penting untuk kesehatan rambut yang baik. Biotin adalah komponen utama untuk protein rambut keratin, yang merupakan bahan pembangun rambut. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok. Namun, ketika putih telur dikonsumsi mentah, tubuh mungkin mengalami kekurangan biotin sehingga rambut menjadi mudah rontok.

6. Makanan diet

Diet ketat atau memilih diet rendah protein tanpa berkonsultasi dengan ahli gizi dapat menyebabkan efek buruk pada tubuh dan rambut. Sementara banyak yang memilih diet ketat untuk menurunkan berat badan dengan cepat, proses ini dapat menghilangkan nutrisi penting. Tidak mengonsumsi nutrisi yang cukup seperti seng, protein, kalsium, atau asam lemak, dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut.

7. Soda diet & minuman berkarbonasi

Minuman Berkarbonasi

Soda diet mengandung pemanis buatan yang dikenal sebagai aspartam. Mengkonsumsi terlalu banyak soda diet dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, minuman berkarbonasi berinteraksi dengan insulin dalam tubuh menjadi kurang responsif terhadap gula. Dengan demikian sirkulasi darah menjadi buruk dan folikel rambut kehilangan nutrisi yang dibutuhkan.

8. Produk susu

Produk susu selalu dianggap sebagai makanan bergizi untuk menjaga kesehatan rambut. Tapi susu memiliki sejumlah lemak di dalamnya, yang meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Ketika mengalami tingkat testosteron yang tinggi dalam tubuh, hal itu dapat menyebabkan rambut rontok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini