Share

5 Cara Atasi Jerawat di Punggung yang Ampuh, Kulit Kembali Mulus!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Sabtu 05 November 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 611 2701360 5-cara-atasi-jerawat-di-punggung-yang-ampuh-kulit-kembali-mulus-6zdy4JwLeG.jpeg Cara Atasi Jerawat di Punggung (Foto: Timesofindia)

JERAWAT punggung merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Meskipun tumbuh di bagian tubuh yang tak terlihat, sebagian orang tetap merasa terganggu dengan keberadaan jerawat satu ini.

Jerawat punggung biasanya muncul sebagai benjolan berwarna merah disertai whiteheads atau blackheads yang kadang menimbulkan rasa sakit. Jerawat biasanya muncul ketika minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang mengendap di pori-pori kulit. Sedangkan jerawat punggung biasanya terjadi akibat keringat yang terperangkap di pakaian Anda ketika beraktivitas atau sedang berolahraga.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat punggung berikut ada 5 cara untuk atasi jerawat punggung, yang dilansir dari Cleveland Clinic, Sabtu (5/11/2022) dan tentunya bisa dilakukan di rumah

1. Hindari memencet atau memencet jerawat

Jerawat Punggung

Anda dapat merusak kulit dengan memencet jerawat. Meremas atau meletuskannya juga dapat menyebabkan bekas jerawat memburuk. Memencet jerawat juga dapat menyebabkan jerawat yang terinfeksi.

2. Jaga kebersihan kulit

Gunakan sabun mandi bebas minyak yang “noncomedogenic”, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Mandi dan ganti pakaian bersih setelah berolahraga. Tahan keinginan untuk menggosok kulit Anda dengan pembersih yang keras, salah satunya seperti scrubbing, hal ini bisa memperburuk jerawat.

3. Cobalah krim topikal, gel, dan pembersih

Produk benzoil peroksida dapat menghilangkan jerawat punggung. Saat menggunakan pembersih benzoil peroksida, biarkan obat menempel pada jerawat hingga lima menit sebelum membilasnya. Anda juga dapat mencoba gel retinoid atau stiker jerawat yang melepaskan obat asam salisilat ke dalam jerawat selama beberapa jam.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Gunakan seprai bersih

Penting untuk menggunakan handuk, seprai, dan sarung bantal yang bersih agar bakteri tidak menumpuk. Cobalah untuk mencuci seprei dan handuk Anda setidaknya seminggu sekali.

5. Periksa ke Dermatologis

Jika jerawat punggung tetap ada atau terus muncul kembali, temui dokter kulit. Anda mungkin memerlukan antibiotik atau obat oral lainnya.

Adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencegah tumbuh atau berkembangnya jerawat punggung, seperti

- Mengganti pakaian setelah berkeringat

- Menjaga kulit Anda tetap bersih

- Membatasi penggunaan peralatan olahraga (seperti alas sepak bola) dan tas ransel yang berat

- Mengelola tingkat stres.

- Ingatlah untuk menggunakan tabir surya

- Menggunakan produk non comedogenic

- Mengenakan kemeja longgar, menyerap keringat atau katun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini