Share

Resep Sate Klopo Khas Surabaya, Gurih Manisnya Bikin Nagih!

Tim Okezone, Okezone · Senin 07 November 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 298 2702337 resep-sate-klopo-khas-surabaya-gurih-manisnya-bikin-nagih-MlaGjW4WUt.jpg Resep Sate Klopo Kuliner Khas Surabaya (Foto: Cookpad)

SETIAP 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Karenanya, sepekan ini Okezone akan membahas kuliner khas Surabaya yang disebut sebagai Kota Pahlawan.

Surabaya memiliki beragam kuliner khas yang memanjakan lidah, salah satunya sate klopo. Sate klopo adalah sate daging sapi dan lemak yang dibungkus olahan kelapa lalu dibakar. Sate khas Surabaya ini memiliki rasa gurih dan manis.

Sudah kebayang kan bagaimana nikmatnya sate klopo khas Surabaya? Nah, jika tak sempat langsung ke Surabaya, Anda juga bisa mencoba membuat sate klopo kreasi Anda sendiri di rumah. Berikut resep sate klopo yang dikutip dari Cookpad, Senin (7/11/2022).

Sate Klopo

Bahan-bahan:

250 gr daging sapi has dalam

6 sdm kelapa parut

2 sdm tepung tapioka

2 buah cabe merah(me.3 cabe rawit)

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

1 sdm ketumbar

1 sdt jinten

2 lembar daun jeruk

5 buah bawang merah

3 siung bawang merah

1/2 sdt kaldu bubuk

secukupnya Garam

1/2 keping gula jawa

Kecap asin untuk rendaman

Cara membuat:

Langkah 1

Siapkan semua bahan. Iris tipis daging sapi sisihkan. Uleg semua bumbu hingga halus beri gula jawa, garam dan kaldu bubuk aduk rata.

Langkah 2

Setelah semua bumbu halus, campur bumbu halus dengan kelapa parut dan tepung tapioka, tes rasa. Lalu masukkan ke dalam irisan daging, remas-remas perlahan diamkan 10 menit.

Langkah 3

Tusuk daging yang sudah dibumbui dengan tusuk sate. Kemudian bakar dalam teflon bolak balik hingga daging matang sempurna.

Langkah 4

Setelah daging dirasa matang.angkat sajikan dengan saos kacang, irisan bawang merah, irisan cabe rawit dan perasan jeruk nipis. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini