Share

9 Tips Perawatan Wajah Pria Tanpa Efek Samping

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 07 November 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 611 2702616 9-tips-perawatan-wajah-pria-tanpa-efek-samping-l86MgR7GtK.jpg Ilustrasi Perawatan Wajah Pria. (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI pria masa kini, kita memang tidak boleh kalah dengan perempuan dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Ketika kulit wajah tidak dirawat, maka kulit akan kusam dan berjerawat.

Masalah kulit wajah tentu dapat mengganggu penampilan. Karena itu, terapkan perawatan wajah pria yang tepat. Kini sudah banyak produk skincare pria yang dijual di pasaran. Namun hati-hati, perawatan kulit wajah pria yang tak sesuai justru dapat menimbulkan masalah kulit.

Cara merawat wajah pria dan wanita memang berbeda. Selain itu, pori-pori wajah pria lebih besar dari wanita, sehingga risiko memiliki kulit yang berjerawat bisa lebih besar. Berikut perawatan wajah untuk pria, seperti dilansir dari KlikDokter.

Ketahui Jenis Kulit Wajah

Sebelum memilih produk perawatan kulit, ketahui jenis kulit terlebih dahulu. Menurut American Academy of Dermatology, ada lima jenis kulit, yaitu kulit normal, kering, sensitif, berminyak, dan kombinasi. Dengan memahami jenis kulit, cara merawat kulit wajah pria pun akan lebih gampang, terutama dalam pemilihan produk yang tepat.

Bersihkan Wajah

Aktivitas di luar ruangan dapat membuat kulit wajah pria mudah kotor. Untuk itu, salah satu perawatan wajah pria yang paling penting adalah membersihkan wajah menggunakan facial wash. Membersihkan wajah dari kotoran menjadi salah satu cara merawat wajah pria agar tidak kusam dan mencegah timbulnya jerawat.

Perawatan Wajah

Hal-hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

- Cuci wajah minimal 2 kali sehari atau maksimal 4 kali sehari untuk wajah berminyak

- Pilihlah produk facial wash yang sesuai dengan jenis kulit

- Bersihkan wajah menggunakan air suhu ruang (tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas)

- Usapkan facial wash dengan gerakan melingkar

- Hindari menggosok wajah terlalu keras dengan handuk saat mengeringkan wajah. Cukup keringkan dengan menepuk-nepuk sisa air di wajah

Gunakan Toner

Tidak hanya wanita yang membutuhkan toner wajah, pria juga memerlukannya. Toner digunakan setelah mencuci muka untuk mengembalikan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran di wajah. Bagi pemilik kulit kering, gunakan hydrating toner agar dapat membantu melembapkan. Untuk kulit berminyak, gunakan toner yang oil-free untuk membantu mengangkat minyak berlebih di wajah.

Eksfoliasi

Perawatan wajah pria berikutnya adalah exfoliation, bisa di rumah ataupun klinik kecantikan. Eksfoliasi dengan scrub atau bahan kimia (chemical peeling) bisa menjadi cara merawat wajah pria agar tidak kusam karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan eksfoliasi, kulit juga dapat menyerap produk skincare lebih baik sehingga hasilnya lebih maksimal.

Pakai Tabir Surya

Bagi pria yang memiliki aktivitas dengan paparan sinar matahari selama lebih dari 2 jam, sebaiknya gunakan tabir surya sebagai pelindung kulit wajah (SPF minimal 30). Tabir surya berfungsi mencegah kerusakan kolagen akibat sinar matahari dan terbentuknya flek. Selain tabir surya, gunakan juga topi sebagai pelindung agar tidak terlalu lama terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Gunakan Pelembap

Dengan menghidrasi kulit wajah menggunakan pelembap, kulit menjadi tampak sehat, kenyal, mencegah penuaaan dini dan keriput, serta mengurangi produksi minyak berlebih. Jika sudah terbentuk kerutan di dahi atau ujung mata, sebaiknya gunakan krim khusus anti-aging.

Gunakan Pisau Cukur yang Tepat

Cara merawat wajah pria juga bergantung pada pemilihan pisau cukur. Pilihlah pisau cukur yang tajam sehingga lebih mudah membersihkan rambut di sekitar wajah. Hasil cukuran yang lebih bersih akan membuat tampilan wajah lebih sehat. Selain itu, jangan abaikan penggunaan krim after-shave. Krim ini berfungsi untuk menghidrasi dan menenangkan kulit, sehingga kulit terhindar dari iritasi.

Pilih Skincare Sesuai Kondisi Kulit

Memperhatikan kandungan pada produk perawatan kulit juga penting. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan muka, seperti jerawat, iritasi, dan infeksi. Jika memiliki kulit yang berjerawat, cari pembersih dan pelembap "bebas minyak" atau "non-comedogenic". Produk tersebut biasanya tidak menyumbat pori-pori wajah.

Jika memiliki kulit sensitif, gunakan produk berbahan ringan dan “bebas pewangi”. Produk yang mengandung wewangian dapat membuat kulit terasa kering dan gampang iritasi. Bagi pria yang memiliki masalah kulit wajah kompleks seperti jerawat membandel, kulit kusam, dan bekas luka jerawat, jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, ya.

Periksa Kulit Secara Rutin

Kesehatan kulit juga perlu diperiksa rutin. Jika menemukan bercak kehitaman, benjolan, ataupun tahi lalat yang tampak mencurigakan muncul di kulit, terlebih menyebabkan keluhan mudah berdarah, nyeri, atau bahkan membesar cepat, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Pasalnya, bisa saja hal tersebut menjadi tanda awal suatu keganasan (kanker) pada kulit dan perlu mendapatkan perawatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini