Share

Menghitung Kalori Semangka, Buah yang Baik untuk Gigi dan Mulut

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 08 November 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 298 2703312 menghitung-kalori-semangka-buah-yang-baik-untuk-gigi-dan-mulut-hrmlCSPFVj.jpg Ilustrasi Semangka. (Foto: Shutterstock)

SUKA makan semangka? Semangka merupakan buah yang banyak ditemukan dan cukup murah serta mudah didapatkan. Semangka biasanya dihidangkan sebagai pencuci mulut atau bahkan camilan.

Dagingnya yang lembut membuat buah ini dapat dengan mudah dikonsumsi oleh siapa pun dan berbagai usia. Faktanya, buah ini juga baik untuk kesehatan gigi dan rongga mulut.

Apa sajakah manfaat semangka untuk gigi dan mulut? Bagaimana cara yang baik dalam mengonsumsi buah semangka? Berikut penjelasan lengkapnya seperti dilansir dari KlikDokter.

Semangka

Dalam 100 gram semangka memiliki kandungan sebagai berikut:

30 kalori

91 persen air

0.6 gram protein

7.6 gram karbohidrat

6.2 gram gula

0.4 gram serat

0.2 gram lemak

Antioksidan yang terdapat dalam buah semangka bisa membantu menyembuhkan peradangan pada mulut. Menurut penelitian, serat dan air yang tinggi dalam semangka terbukti mampu mengurangi sisa makanan yang melekat di gigi. Ketahuilah bahwa sisa makanan yang melekat dan tidak dibersihkan bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Lebih lanjut, konsumsi biji semangka diketahui dapat memicu adanya jaringan fibroblast sehingga membantu menutup luka yang terbuka. Itulah mengapa buah semangka dianggap bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Tak hanya itu, semangka juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi resistansi insulin, bahkan menghilangkan nyeri otot setelah olahraga.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Mengonsumsi buah semangka dapat dilakukan dengan berbagai cara. Yang terbaik adalah dengan memakannya langsung. Dengan menyunah buah semangka, kandungan seratnya akan merontokkan sisa-sisa makanan yang menempel.

Kandungan air yang keluar dan juga ditambah laju aliran liur yang keluar ketika ada gerakan mengunyah, akan memaksimalkan dalam membersihkan rongga mulut. Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan membuat jus semangka. Cara ini tidak akan mengurangi manfaat dari buah semangka untuk gigi dan mulut.

Mengonsumsi dalam bentuk selai bisa juga dilakukan, dan kamu dapat tambahkan bahan pelengkap lainnya yang sehat. Agar kesehatan gigi dan mulutmu selalu terjaga, tentunya tak cukup dengan makan semangka.

Kamu juga harus melakukan perawatan dengan menggosok gigi dua kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur), melakukan dental floss, periksa ke dokter gigi tiap enam bulan sekali, mengurangi asupan manis, serta tidak merokok. Jika sudah mengalami keluhan pada gigi dan mulut, jangan tunda untuk periksa ke dokter gigi agar masalah tidak semakin parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini