Share

Rambut Keriting, Lurus, atau Bergelombang Ternyata Beda Frekuensi Keramasnya Loh!

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 08 November 2022 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 611 2703410 rambut-keriting-lurus-atau-bergelombang-ternyata-beda-frekuensi-keramasnya-loh-QJQqeUYfql.JPG panduan frekuensi keramas, (Foto: Freepik)

KERAMAS jadi salah satu cara termudah untuk memelihara kebersihannya dan merawatnya secara keseluruhan.

Dokter Nadir Qazi, dokter kulit kosmetik, ahli bedah dan pendiri Qazi Cosmetic Clinic di Irvine, California, mengatakan mencuci rambut adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan rambut. Keramas meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan baik dan membersihkan rambut.

Tampak sederhana, tapi keramas ternyata tak boleh dilakukan sembarangan. Salah satunya soal frekuensi alias seberapa seringnya. Beda jenis atau tipe rambut, beda pula frekuensi seberapa seringnya loh! Untuk tahu penjelasannya, simak uraiannya di bawah ini, sebagaimana dilansir dari Fox News Selasa (8/11/2022).

1. Rambut lurus: Pemilik rambut lurus bisa keraas setiap dua hingga tiga hari sekali, karena ternyata rambut tekstur karena cenderung lebih cepat berminyak. Setelah keramas, disarankan pakai kondisioner ringan, sehingga rambut lurus tidak akan terlihat berat atau berminyak.

2. Rambut bergelombang: Tekstur rambut bergelombang dapat dicuci setiap dua atau tiga hari sekali. Dokter Nadir mengatakan kelembaban sangat penting untuk rambut bergelombang, jadi pastikan untuk mengkondisikan rambut tanpa membebani akar, yakni dengan menambahkan kondisioner hanya pada ujung rambut. Direkomendasikan untuk pakai sampo bebas sulfat dan menghindari hairdry agar rambut tidak kusut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Rambut keriting: Tekstur rambut keriting dengan beberapa variasi, bisa dicuci setiap satu hingga lima hari sekali. Triknya, hindari sampo dengan bahan kimia keras dan aroma yang kuat, agar rambut tidak menjadi kering dan rapuh. Selain itu sebaiknya hindari juga panas dan sikat dan gunakan sisir bergigi lebar untuk mencegah kerusakan pada rambut ikal keriting ini.

(Foto: Freepik)

4. Keriting tergulung rapat: Tekstur rambut seperti ini disebut bisa bertahan paling lama di antara keramas, karena rambut yang lebih kencang membutuhkan lebih banyak kelembapan untuk menjaga helaiannya tetap sehat. Pemilik rambut jenis ini, direkomendasikan agar keramas setiap lima hingga tujuh hari sekali jika memang tidak banyak bergerak aktif.

 BACA JUGA:5 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Orang Tahu

BACA JUGA:Sederet Manfaat Niacinamide yang Buat Kulit Awet Muda

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini