Share

5 Tips Melembutkan Kulit yang Kering, Bisa Dilakukan di Rumah Kok!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Rabu 09 November 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 611 2703580 5-tips-melembutkan-kulit-yang-kering-bisa-dilakukan-di-rumah-kok-W5MzSNQlvM.JPG Ilustrasi, (Foto: Freepik)

BAIK pria atau pun wanita, tidak ada yang mau tentunya memiliki kulit yang kering. Kulit kering sendiri, sejatinya bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Kulit yang kering selain menganggu penampilan, kulit kering juga rentan terasa gatal, luka dan bersisik. Nah, Anda bisa kok melembutkan kulit yang kering dengan melakukan perawatan kulit di rumah. Merangkum Healthline dan Medical News Today, Rabu (9/11/2022) mari simak lima caranya di bawah ini.

1. Minyak kelapa: Punya sifat emolien yang bisa mengisi ruang di antara sel-sel kulit, menciptakan permukaan yang halus. Itu sebabnya asam lemak jenuh yang alami di dalam minyak kelapa dapat melembabkan dan menghaluskan kulit. Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari bahkan pada bagian tubuh yang paling sensitif sekalipun.

2. Petroleum jelly: Petroleum jelly yang dikenal sebagai minyak mineral mampu menutupi kulit dengan lapisan pelindung, kemudian menjebak kelembaban di bawahnya. Sehingga membantu menyembuhkan tambalan kulit yang kering dan teriritasi. Rutinlah mengoleskan petroleum jelly pada bagian kulit yang kering.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Mandi oatmeal: Oatmeal adalah obat tradisional yang umum untuk kulit yang teriritasi. Oatmeal koloid punya antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan iritasi. Obat ini sangat efektif jika ingin menghilangkan rasa gatal. Jika ingin mandi oatmeal, gunakan food processor untuk memotong oatmeal menjadi bubuk halus, lalu aduk ke dalam air hangat yang dipakai untuk mandi.

4. Makan makanan antioksidan dan omega-3: Makanan kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh Anda membuat sel-sel yang sehat. Beberapa makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit antara lain bluberi, tomat, wortel, kacang polong, kacang polong, kacang-kacangan, makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, bisa juga berkontribusi pada diet untuk kulit lebih bercahaya.

5. Sesuaikan suhu shower: American Academy of Dermatology mencatat bahwa menghilangkan kulit kering, yang paling sederhana adalah mengubah rutinitas mandi. Jangan mandi air panas, pilih sabun yang yang bebas pewangi dan lebih lembut di kulit daripada sabun tradisional.

 BACA JUGA:5 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Orang Tahu

BACA JUGA:Alami Kulit Merah dan Besisik? Jangan Didiamkan Atasi dengan Cara Ini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini