Share

11 Alasan Kita Perlu Punya Banyak Teman

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 08 November 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 612 2703336 11-alasan-kita-perlu-punya-banyak-teman-F5KMjN9yBt.jpg Ilustrasi Pertemanan. (Foto: Shutterstock)

PEPATAH lama menyebutkan seribu teman kurang, satu musuh terlalu banyak. Tapi pada faktanya, banyak orang enggan memiliki banyak teman, karena berbagai macam alasan.

Padahal, memiliki teman membuat hidup lebih bermakna dan berwarna. Apalagi jika lingkungan pertemanan membuat kamu jadi lebih baik dan dewasa. Teman yang baik juga bisa memengaruhi cara kamu memandang kehidupan. Kehadiran teman membantu kamu melewati fase kehidupan yang sulit menjadi lebih ringan.

Teman yang baik juga bisa membuatmu lebih menghargai diri sendiri. Tak heran, manfaat banyak teman bisa berdampak positif pada kesehatan psikologis maupun fisik. Lalu, apa saja manfaat memiliki banyak teman? Berikut ulasannya seperti dilansir dari KlikDokter.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat memiliki teman membuat tubuh cenderung lebih cepat tanggap dalam keadaan khusus. Hal ini membuat risiko menderita penyakit tertentu menjadi lebih rendah. Misalnya, kehadiran teman saat kamu sedang sakit membuat proses penyembuhan relatif lebih cepat.

Memperpanjang Harapan Hidup

Menjaga pertemanan diyakini dapat memperpanjang usia. Sebuah riset yang diterbitkan jurnal PloS Medicine, menemukan bahwa seseorang yang punya hubungan pertemanan yang kuat cenderung lebih panjang umur dibandingkan orang yang tidak memiliki teman.

Pertemanan

Menjaga Ketajaman Pikiran

Sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menemukan bahwa memiliki teman memberikan dampak positif pada kemampuan kognitif, seperti menyimpan, menerima, dan mengembangkan informasi yang diperoleh. Sebaliknya, peneliti menemukan orang tua yang kesepian memiliki risiko lebih tinggi menderita demensia.

Mengurangi Stres

Sejumlah riset menyebutkan bahwa pertemanan bisa mengurangi tingkat stres. Hubungan pertemanan membantu tubuh mengontrol stres lebih baik dengan menurunkan produksi hormon kortisol yang memicu stres.

Bantu Turunkan Tekanan Darah

Hubungan pertemanan yang sehat dapat membantu kamu menjadi lebih tenang dan percaya diri dalam menjalani hidup. Manfaat banyak teman bisa mengurangi stres yang pada gilirannya membuat tekanan darah kamu jadi lebih terkontrol. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak memperoleh dukungan sosial berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dukungan sosial dan emosional dari lingkungan pertemanan bisa membuat kamu lebih percaya diri menghadapi tantangan. Dukungan dari teman bisa membuatmu merasa lebih yakin mengambil sebuah keputusan. Kamu pun jadi lebih percaya diri, dibandingkan menghadapi sesuatu sendirian.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Menjaga Berat Badan Ideal

Kamu bisa termotivasi menjalani pola hidup sehat ketika memiliki lingkungan pertemanan yang menerapkan gaya hidup sehat. Pada gilirannya, hal ini bisa membantumu menjaga berat badan ideal. Pertemanan yang baik juga memotivasi kamu untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan kesehatan.

Menambah Kebahagiaan

Bersosialisasi dengan teman-teman dekat bisa bikin suasana hati menjadi lebih baik sehingga kamu jadi lebih bahagia. Banyak peneliti sepakat bahwa kebahagiaan bisa diperoleh salah satunya dengan membangun ikatan emosional bersama teman.

Meningkatkan Efektivitas Kemoterapi

Menurut studi yang dimuat jurnal Cancer, dukungan emosional membantu meningkatkan harapan hidup penderita kanker. Dukungan yang diperoleh pasien kanker juga bisa meningkatkan efektivitas kemoterapi, yaitu terapi pengobatan untuk memberantas pertumbuhan sel kanker.

Mengatasi Trauma Penolakan

Hubungan pertemanan yang sehat bisa membuat kamu merasa diterima apa adanya. Apabila kamu memiliki trauma ditolak dan dikucilkan dari pergaulan, pertemanan dapat membantumu kembali percaya diri menjalin hubungan emosional dengan orang lain.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat punya banyak teman dapat membuat kualitas hidup menjadi lebih baik. Dukungan dari teman bisa membantumu mengatasi situasi sulit sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Manfaat banyak teman baik untuk kesehatan fisik dan mental. Karena itu, #JagaSehatmu dan persahabatanmu bersama orang-orang terpercaya yang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini