Share

Jangan Sembarangan Ya Bunda! Ini 4 Pakem Penting Perawatan Kulit ketika Hamil

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 11 November 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 611 2705737 jangan-sembarangan-ya-bunda-ini-4-pakem-penting-perawatan-kulit-ketika-hamil-MOtBM5V9tl.JPG perawatan kulit ibu hamil, (Foto: Freepik)

BEGITU tahu sedang hamil, dunia seorang perempuan yang menjadi calon ibu pun langsung berubah seluruhnya.

Perubahan ini tak terkecuali dalam hal perawatan kulit, yang secara umumnya memang banyak mengalami perubahan saat hamil karena faktor adanya perubahan hormon.

Ya, kehamilan memang membawa berbagai perubahan hormonal dalam tubuh wanita. Perubahan ini menyebabkan perubahan tekstur dan kesehatan kulit juga loh!

Memang, ada sebagian wanita hamil yang kulitnya jadi tambah glowing alias bercahaya sempurna. Namun di satu sisi, tak sedikit juga wanita hamil yang kulitnya jadi kusam, gampang berjerawat bahkan jadi sangat kering.

Dalam melakukan perawatan kulit dengan produk skincare ketika mengandung, tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada sederet hal penting untuk diperhatikan, agar tetap aman. Sebagaimana dijelaskan Dr Jamuna Pai, dikutip dari Timesofindia, Jumat (11/11/2022) berikut uraian tentang seperti apa rutinitas perawatan kulit kehamilan yang sehat - serta bahan khusus apa yang harus dihindari atau digunakan.

1. Hindari beberapa bahan aktif: Saat hamil, disarankan sebaiknya tidak menggunakan bahan aktif seperti retinol, azelaic acid, hingga niacinamide. Selama kehamilan ada berbagai perubahan yang dialami wanita , termasuk perubahan hormonal dan perubahan kulit. Sebagian besar bahan ini diketahui bisa memicu reaksi yang tidak diinginkan pada kulit saat digunakan selama hamil.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Pilih asam glikolat: Dokter Jamuna mengatakan, satu-satunya bahan aktif yang aman untuk digunakan selama kehamilan adalah asam glikolat. Misalnya dipakai untuk pelembab dan tabir surya. Sebagai catatan, produk ini digunakan dengan pemantauan dan konsultasi dengan dokter perawatan kulit.

3. Jangan facial: Larangan facial di sini dimaksudkan untuk tipe perawatan facial canggih dengan alat mesin. Dokter Jamuna sangat merekomendasikan menghindari metode perawatan wajah yang berorientasi pada mesin.

4. Facial tradisional: Jika ingin membersihkan wajah dengan facial saat hamil, lakukan facial konvensional, yang biasanya terdiri dari pembersihan dan pemijatan. Facial ‘jadul’ seperti ini boleh saja dilanjutkan selama kehamilan. Tapi ingat, selama kehamilan, para calon ibu ini harus berhati-hati dengan produk yang diunakan, serta suplemen oral yang dikonsumsi. Patuhi hanya konsumsi suplemen yang diresepkan oleh dokter ya!

 BACA JUGA:Jadi Resep Rahasia Rambut Sehat Cardi B, Ini 5 Manfaat Onion Water!

BACA JUGA:Rambut Keriting, Lurus, atau Bergelombang Ternyata Beda Frekuensi Keramasnya Loh!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini