Share

Podcast Aksi Nyata: Seberapa Penting Sih Menanamkan Jiwa Sosial Sejak Dini?

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Sabtu 12 November 2022 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 612 2706275 podcast-aksi-nyata-seberapa-penting-sih-menanamkan-jiwa-sosial-sejak-dini-VVIBd3t6qi.JPG Angeline, Founder Limitless Love (Foto: Tangkapan layar Youtube Partai Perindo)

IDEALNYA setiap orang memang memiliki simpati dan empati, agar tumbuh menjadi manusia yang berbudi luhur dan baik hati.

Maka dari itu, menamamkan rasa peduli terhadap sesama idealnya sudah dimulai dari usia dini. Tak hanya dibekali pendidikan akademis, seorang anak juga harus dibekali dengan pendidikan agama hingga moral.

Ya, pendidikan moral dan akhlak menjadi sangat penting ditanamkan anak-anak agar mereka bisa tumbuh menjadi sosok yang memiliki empati tinggi terhadap orang lain dan lingkungan sekitarntya.

Berbagai cara sebetulnya bisa dilakukan para orangtua untuk membekali anak agar punya adab, empati, dan berjiwa sosial, serta bermoral tinggi.

Misalnya dengan ikut terjun kegiatan-kegiatan sosial, baik itu dilakukan secara individu pribadi atau dalam sebuah komunitas.

Hal itu juga lah yang kini dilakukan Founder Komunitas 'Limitless Love’, Angeline kepada anak-anaknya. Lewat komunitas tersebut, ia tak hanya mengajak masyarakat untuk bergabung melalukan aksi-aksi sosial peduli sesama, namun juga secara langsung mengajarkan anak-anaknya dalam kegiatan-kegiatan mulia.

Angeline menilai, membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar sudah seharusnya ditanamkan sedini mungkin. Meski memang, tak terhindarkan dari hambatan.

“Sedikit tantangan juga, tapi kita bisa mengajak anak-anak kita. Ya itu yang mulai kita bangun dari dini ini, karena kan enggak mungkin tiba-tiba umur sekian dia tiba-tiba melek kegiatan-kegiatan sosial seperti ini,” ujar Angeline, dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo bertajuk “Membangun Karakter Peduli Sesama dan Berjiwa Sosial di Kalangan Generasi Muda,” Sabtu, (12/11/2022).

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

“Walau tidak menutup kemungkinan dan ada yang seperti itu. Cuma ya, memang mulai dibiasakan dari kita yang punya anak. Jadi anak-anak learning by doing juga,” lanjutnya

Menurutnya, hal-hal sederhana yang bisa diajarkan kepada anak dalam kegiatan sosial bisa membuat anak jadi peka menyadari bahwa masih banyak orang-orang yang hidupnya masih kurang beruntung.

“Bantuin misalnya bungkus kado untuk kegiatan Secret Saanta, dari hal-hal kecil seperti itu dan akhirnya melihat, oh banyak juga orang-orang yang tidak seberuntung kita,” seru Angeline.

Melalui komunitas Limitess Love, Angeline menyebut ingin mengajak siapa pun yang ingin bergabung untuk berbuat baik terhadap orang-orang yang kurang beruntung di luar sana.

Sesuai nama dari komunitas tersebut, Angeline mengungkapkan, bahwa Limitess Love didirikan bagi orang-orang yang peduli dengan sesama tanpa ada batasan umur, agama, suku maupun ras.

“Limitess Love itu artinya lebih ke kami ingin memberikan cinta yang tanpa batas. Dalam arti batasan itu batasan agama, suku bangsa, dan gender gitu ya, dan sebagainya. Diawali dengan pertemanan,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini