Share

Terlalu Ambisius Bekerja? Waspada Hustle Culture yang Menggerus Fisik dan Mental

Nurul Amanah, Okezone · Sabtu 12 November 2022 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 612 2706292 terlalu-ambisius-bekerja-waspada-hustle-culture-yang-menggerus-fisik-dan-mental-rWNWmcHaGo.JPG Waspada Hustle Culture, (Foto: Freepik)

BELAKANGAN ini kerap terdengar istilah Hustle Culture di kalangan pekerja muda. Secara etimologis, istilah hustle culture berasal dari kata Bahasa Inggris, hustle, yang berarti antara lain aksi energik, mendorong seseorang agar bisa bergerak lebih cepat secara agresif, dipadukan dengan kata culture, budaya.

Jika dilihat dari sisi ilmu psikologis, hustle culture menurut pakar psikologi adalah budaya yang membuat satu individu menganut workaholism atau gila kerja. Budaya yang mendorong seseorang untuk bekerja tanpa henti tak memandang waktu dan tempat.

Biasanya para penganut Hustle Culture jarang merasa puas akan pekerjaannya, sehingga kerap selalu membandingkan hasil yang diraih dengan apa yang diraih dan dimiliki orang lain. Takut untuk tertinggal dan merasa bersalah jika dirinya punya waktu luang, padahal hanya sedikit.

Sayangnya, di era digital seperti sekarang, masifnya media sosial juga berperan penting dalam hustle culture. Sedikit banyak membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menunjukkan pencapaiannya di media sosial.

(Foto: Freepik)

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Kalimat โ€œno pain no gainโ€ yang vocal digaungkan oleh figur-figur berpengaruh, dijadikan indikator bagi banyak anak muda untuk terus mengejar kesuksesan.

Hati-hati loh! Hustle culture juga bisa menjerumuskan Anda ke dalam lingkaran burnout. Saat membiarkan diri tenggelam dalam hustle culture, tak disadari seseorang bisa kehilangan kendali atas dirinya sendiri. Hidup seolah hanya bergantung tuntutan pekerjaan, deadline, atau menyenangkan atasan dan orang lain.

Burnout berdampak pada kesehatan, baik fisik atau pun mental. Dari segi mental, tekanan yang dibuat sendiri dalam hati dan pikiran akan membuat stress yang akhirnya memicu berbagai macam penyakit timbul.

Ingin tetap sehat secara fisik dan mental? Maka dari itu, coba atur jadwal bekerja, lakukan hal yang menyenangkan di waktu luang, batasi aktivitas di sosial media agar tidak terus merasa harus berpacu berkompetisi dalam segala pencapaian hidup dengan orang lain. Demikian sebagaimana dihimpun dari laman resmi DJKN Kemenkeu dan HelloSehat, Sabtu (12/11/2022).

ย BACA JUGA:Pamer Foto Bareng Pacar di Medsos Bikin Hubungan Makin Mesra, Mitos atau Fakta?

BACA JUGA: Stres Gara-Gara Media Sosial? Lakukan 3 Tips Mengatasinya!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini