Share

6 Makanan Sehat yang Berdampak Buruk bagi Ginjal, Salah Satunya Daging Merah

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Minggu 13 November 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 298 2706521 6-makanan-sehat-yang-berdampak-buruk-bagi-ginjal-salah-satunya-daging-merah-ToFnwBiFZQ.jpg Apukat lezat (Foto: Tasting table)

GINJAL merupakan organ yang berperan penting bagi sistem peredaran darah dalam tubuh. Oleh karena itu sebaiknya kita menjaga kesehatan organ ginjal agar keseluruhan tubuh juga sehat. Bagaimana caranya?

Selain aktivitas fisik, menjaga kesehatan ginjal juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat. Namun ada beberapa makanan yang terbilang sehat tetapi dapat berdampak buruk pada ginjal.

Untuk itu sebaiknya kita mengetahui apa saja makanan yang tidak baik bagi ginjal agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Simak 6 makanan sehat yang bisa berdampak buruk bagi ginjal yang berhasil dirangkum dari reverehealth.com, Sabtu (5/11/2022).

 daging merah

1. Daging merah

Daging merah terkenal sebagai makanan yang mengandung banyak protein. Sementara itu tubuh membutuhkan beberapa protein untuk tumbuh, sembuh dan tetap sehat. Namun terlalu banyak protein dapat membuat ginjal bekerja lebih keras. Oleh karena itu sebaiknya membatasi makan daging remah agar tidak kelebihan protein.

2. Mentega 

Mentega mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. National Kidney Foundation mencatat bahwa penyakit jantung merupakan faktor risiko utama penyakit ginjal. Oleh karena itu sebaiknya kurangi konsumsi mentega dan lemak babi untuk mengurangi asupan lemak jenuh dan menurunkan risiko penyakit jantung dan ginjal.

 BACA JUGA:Update Gagal Ginjal Akut! Menkes Sebut Kasusnya Melandai

3. Kacang-kacangan

Kacang tanah mengandung oksalat yang merupakan sejenis mineral pada batu ginjal. Faktanya, batu ginjal kalsium oksalat adalah jenis batu ginjal utama, menurut National Kidney Foundation. Jika pernah memiliki batu ginjal kalsium oksalat di masa lalu, membatasi asupan makanan yang mengandung oksalat dapat mengurangi risiko terkena batu lain.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

 

4. Alpukat

Alpukat mengandung potassium dan mineral yang mengontrol fungsi saraf dan otot. Kalium membantu jantung mempertahankan ritme yang teratur dan diperlukan untuk mengontrol cairan, keseimbangan elektrolit, dan tingkat pH

Namun kelebihan kalium dalam darah yang dikenal sebagai hiperkalemia, sering terjadi pada orang dengan penyakit ginjal stadium lanjut. Tanda dan gejala hiperkalemia termasuk mual, kelemahan, mati rasa dan detak jantung yang lambat.

5. Jeroan

Hati dan daging organ lainnya memiliki konsentrasi purin yang tinggi. Kelebihan purin merangsang produksi asam urat yang mengendap di persendian dalam bentuk kristal atau ke dalam ginjal hingga menjadi batu ginjal.

6. Sayuran kaleng

Meskipun sayuran sangat baik untuk tubuh, namun pada sayuran kalengan biasanya mengandung banyak sodium. Memiliki terlalu banyak natrium dalam sistem membuat ginjal sulit untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari aliran darah. Sebaiknya konsumi sayuran segar agar nutrisi dalam sayuran tetap terjaga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini