Share

Sudah Pakai Body Lotion, Haruskah Gunakan Krim Tangan Juga?

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 14 November 2022 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 611 2706979 sudah-pakai-body-lotion-haruskah-gunakan-krim-tangan-juga-wDqOowE8Ww.jpg Ilustrasi Kulit Tangan. (Foto: Shutterstock)

AGAR kulit tidak kering, kita memang disarankan untuk menggunakan body lotion, sehingga melembapi kulit kita. Biasanya body lotion akan kita oleskan ke seluruh tubuh, kecuali wajah yang memang menggunakan perawatan khusus.

Ternyata, bukan hanya kulit wajah saja loh yang butuh perawatan ekstra, tapi juga kulit tangan. Oleh karena itu, banyak produk kini menawarkan krim tangan.

Tapi, tahukah Anda kalau krim tangan dengan body lotion itu ternyata punya fungsi berbeda dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya. Lantas, apa bedanya krim tangan dengan body lotion?

Krim Tangan

Menurut Dermatologis dr Karan Lal, krim tangan dibuat khusus karena secara anatomi kulit tangan punya ketebalan yang berbeda dengan area lengan lainnya. Itu kenapa, krim tangan dibuat berbeda untuk menunjang kelembapan pada tangan yang berbeda dengan area tubuh lainnya.

"Krim tangan biasanya lebih pekat, karena kulit tangan lebih tebal dibanding area lainnya," ungkap dr Karan Lal, dikutip MNC Portal dari laman New York Magazine, Senin (14/11/2022).

Karena formulasi tersebut, krim tangan lebih maksimal dalam mencegah kulit kering. Itu kenapa, krim tangan dibuat khusus agar memaksimalkan proses melembapkan kulit tangan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Lalu, bagaimana dengan body lotion? Disampaikan Brand Manager Mutouch Chris Hanes, kalau body lotion itu lebih cair, karena kandungan airnya lebih banyak daripada minyak."Formulasi seperti ini dimaksudkan agar lotion cepat meresap ke seluruh tubuh," ungkap Chris.

Di kesempatan yang sama, Chris menjelaskan bahwa krim tangan yang berkualitas itu harus tidak mengandung pewarna dan sebaiknya menggunakan bahan-bahan natural dalam proses pembuatannya.

Pewarna dalam produk perawatan tubuh dapat memiliki efek negatif jika dipergunakan dalam jangka panjang. "Pada beberapa orang, kandungan pewarna dapat membuat iritasi pada kulit, terutama pada kulit sensitif," papar Chris.

"Pewarna juga dapat menyebabkan kulit gatal serta alergi, ada juga yang bersifat karsinogenik," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini