Share

4 Cara Paling Ampuh Atasi Rambut Rontok

Tim Okezone, Okezone · Senin 14 November 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 611 2707402 4-cara-paling-ampuh-atasi-rambut-rontok-ztIxJIZpYI.jpg Ilustrasi Rambut Rontok. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT rontok merupakan masalah yang seringkali muncul dan sulit diatasi. Rambut rontok pun bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun para wanita.

Jika dibiarkan tanpa perawatan pun lambat laun dapat menyebabkan kebotakan pada kulit kepala. Berikut beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok yang dapat Anda coba dengan mudah.

Gunakan sisir rambut yang tepat

Mungkin menurut Anda menyisir rambut merupakan hal sepele yang sering dilakukan. Namun, ternyata jika Anda salah menggunakan sisir yang tepat dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Maka itu, gunakanlah sisir dengan gigi yang renggang, terlebih lagi jika Anda memiliki rambut panjang.

Selain itu, hindarilah menyisir rambut saat dalam kondisi yang masih basah. Sebaiknya, sisirlah rambut Anda jika sudah kering dan gunakan sisir bergigi renggang.

Rambut Rontok

Hindari produk berbahan kimia

Menggunakan terlalu banyak bahan kimia pada produk perawatan rambut dapat membuat rambut menjadi cepat rusak. Salah satunya seperti pewarna rambut atau bleaching rambut.

Cobalah untuk gunakan produk perawatan rambut yang berbasis alami seperti minyak jojoba atau minyak almond. Karena minyak esensial ini dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, hingga menambah kekuatannya.

Konsumsi makanan bernutrisi

Rambut rontok juga dapat disebabkan karena tubuh yang kekurangan nutrisi penting dan kebiasaan makan makanan yang tidak sehat. Cobalah untuk perbanyak konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung zat besi, selenium, seng, vitamin D, vitamin B12.

Selain itu, antioksidan seperti stroberi, blueberry, kacang-kacangan, bayam, dan kangkung juga dapat membantu menghentikan rambut rontok.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Tidak mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat rambut menjadi stres dan rapuh. Maka itu, hindarilah mengikat rambut terlalu kencang apalagi dalam waktu yang lama karena akan membuat kekuatan rambut semakin berkurang dan rontok.

Batasi penggunaan hair dryer

Panas yang berlebihan yang dikeluarkan hair dryer dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut. Dikarenakan panas dari hair dryer dapat membuat folikel rambut dehidrasi dan rentan terhadap kerusakan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini