Share

Aksi Tukar Baju, Solusi untuk Cegah Sampah Fashion Makin Menumpuk

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 15 November 2022 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 194 2707809 aksi-tukar-baju-solusi-untuk-cegah-sampah-fashion-makin-menumpuk-jsOMFyDjDT.jpeg Tukah bajumu untuk cegah limbah fashion makin menumpuk (Foto: Abcnews)

TAHUKAH Anda bahwa fashion adalah jenis sampah terbanyak di dunia. Satu studi membuktikan bahwa 3 dari 10 orang cuma pakai baju sekali lalu dibiarkan begitu saja di lemari.

Perilaku semacam ini tentu sangat tidak ramah lingkungan. Terlebih, semakin banyak perusahaan fashion yang dinilai jauh dari konsep sustainability.

Sampai akhirnya komunitas Zero Waste Indonesia punya gerakan yang diharapkan bisa menekan jumlah sampah fashion di Indonesia. Adalah dengan aksi tukar baju.

Amanda Zahra Marsono

(Amanda Zahra Marsono, Foto: Sukardi/MPI)

Aksi tersebut mengajak masyarakat untuk menukarkan baju yang sudah tidak dipakai, namun masih layak, agar ditukar dengan baju lain. Aksi tersebut diketahui sudah dilakukan 25 kali sejak 2019 di 5 kota besar di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, dan Tangerang Selatan.

"Kami mengajak masyarakat untuk tukar baju yang mereka punya, daripada tidak terpakai dan berpotensi jadi sampah fashion. Lewat aksi tukar baju, itu juga berarti kita telah memperpanjang umur baju 9 bulan," terang PR and Project Manager Zero Waste Indonesia Amanda Zahra Marsono, saat ditemui MNC Portal di acara Tinkerlust Fashion Impact Summit 2022, di Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Apa dampak dari aksi positif ini?

Menurut Amanda, berdasarkan data yang dihimpun Zero Waste Indonesia, hanya dari 15 acara tukar baju, pakaian yang berhasil diselamatkan komunitas ini diperkirakan sebesar paus.

"Bahkan, kalau baju-baju yang sudah kami selamatkan itu dikumpulkan, mungkin 11 kali lapangan sepak bola banyaknya," tambah Amanda.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Artinya, lewat aksi tukar baju seperti ini, begitu banyak pakaian yang berhasil diselamatkan dari tempat sampah. Ini pun membantu lingkungan tidak dipenuhi oleh sampah fashion. "Kami bangga bisa menjadi bagian dari kebaikan tersebut," ucapnya.

Tukar Baju

Amanda berharap agar aksi tukar baju ini bisa menjadi habit masyarakat semua bahwa bertukar baju bisa menjadi pilihan gaya hidup bahwa untuk berbusana dan mendapatkan penampilan baru, tidak harus dengan pakaian baru.

"Kami percaya bahwa aksi ini bisa diteruskan ke banyak orang sehingga dampaknya berarti untuk masyarakat dan lingkungan. Kalau makin banyak orang ikut aksi tukar baju, semakin berkurang sampah fashion di Bumi ini," tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini