Share

KTT G20, Ini 6 Kuliner Khas Bali dengan Cita Rasa Unik

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Selasa 15 November 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 298 2707518 ktt-g20-ini-6-kuliner-khas-bali-dengan-cita-rasa-unik-sLPT0sZVtm.jpg Kuliner Khas Bali (Foto: Instagram/@dapoersikoko-@dr_erikfirman)

KTT G20 di Bali kini tengah banyak diperbincangkan. Dalam kesempatan emas ini, pemerintah terutama Kemenparekraf mencoba untuk mempromosikan keunggulan wisata Bali atau Indonesia kepada masyarakat global.

Salah satu upaya tersebut terlihat dari tari tradisional dari daerah Bali, yang menyambut Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Serta batik bomba dari Sulawesi Tengah yang dikenakan oleh Elon Musk.

Tersohor dengan destinasi wisatanya, Bali juga menawarkan hal-hal unik yang membuat para wisatawan makin jatuh cinta dengan Bali, salah satunya melalui kuliner khas dari pulau Seribu Pura ini.

Keunikkan apa saja yang dapat ditemukan dari kuliner khas Bali? Berikut makanan khas Bali yang harus Anda coba

1. Lawar

lawar

(Foto: Instagram/@warung_ds99x)

Lawar adalah campuran antara sayur-sayuran, bumbu khas Bali, Kelapa, Terasi dan daging cincang. Lawar memiliki banyak sebutan tergantung jenis daging dan sayur yang digunakan.

Macam-macam lawar seperti lawar ayam, lawar penyu, lawar Babi, dan yang paling unik atau menarik adalah jenis dari lawar getih yang menggunakan jeroan daging dan darah Babi sehingga menghasilkan warna merah. Lawar satu ini juga memiliki cita rasa pedas yang semakin buat Anda ketagihan.

Lawar biasanya sering disajikan dalam acara-acara keagamaan.

2. Rujak Bulung

Rujak Bulung

(Foto: Instagram/@balifoodhopping)

Dalam bahasa Bali, kata Bulung memiliki arti rumput laut hijau. Yang artinya adalah kuliner khas satu ini berbahan dasar rumput laut. Dalam penyajiannya, rujak bulungan disajikan begitu saja dan utuh bersamaan dengan bumbu-bumbu.

Rujak Bulungan sendiri terbuat dari dua jenis rumput laut yang berbeda, yaitu bulung buni/boni dan bulung rambut. Dengan proses memasak yang berbeda pula. Dimana bulung buni yang sering dimakan secara mentah dengan campuran bumbu khas.

3. Tipat Cantok

Tipat Cantok

(Foto: Instagram/@ekoanugblog)

Tipat cantok ini serupa dengan salad ala Bali. berupa potongan-potongan sayur- mayur yang direbus dan dicampur menjadi satu kemudian ditambahkan saus kacang tanah yang halus disertai irisan tahu, tauge maupun kangkung lalu di atasnya ditaburi bawang goreng dan kerupuk atau emping goreng. Tipat cantok dinikmati bersama nasi putih atau lontong.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Loloh Cemcem

Loloh Cemcem

(Foto: Instagram/@dr_erikfirman)

Loloh Cemcem merupakan minuman tradisional khas Bangli yang menyehatkan dan juga sebagai minuman segar pelepas dahaga. Loloh Cemcem sebagai jamu atau obat herbal khas tradisional bali yang baik untuk kesehatan, serta berkhasiat untuk penyakit kram, anyang-anyangan.

5. Sate lilit

Sate Lilit

(Foto: Instagram/@rollinggrace)

Siapa yang tak kenal dengan makanan khas Bali satu ini. Sate lilit merupakan jenis sate khas Bali yang mana dagingnya terbuat dari daging yang beragam. Seperti daging ayam, babi, sapi, hingga ikan.

Berbeda dengan jenis sate pada umumnya yang menggunakan bumbu kacang, sate lilit menggunakan bumbu yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih, serai, dan daun jeruk. sate lilit awalnya berasal dari Klungkung.

6. Ayam Betutu

Ayam Betutu

(Foto: Instagram/@dapoersikoko)

Selain sate lilit makanan khas Bali yang cukup populer salah satunya adalah Ayam Betutu. Meskipun namanya ayam, Anda juga bisa mencoba pilihan daging lain seperti bebek yang biasanya dimasak secara utuh berisi bumbu, Kemudian dipanggang dalam api sekam.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini