Share

Kaya Protein, Ini Manfaat Putih Telur yang Jarang Orang Tahu

Tim Okezone, Okezone · Selasa 15 November 2022 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 298 2708308 kaya-protein-ini-manfaat-putih-telur-yang-jarang-orang-tahu-m2hg6F6N60.jpg Putih telur kaya protein yang bermanfaat bagi tubuh (Foto: Timesofindia)

PUTIH telur salah satu sumber protein terbaik yang enak dikonsumsi. Putih telur juga mudah diolah untuk makanan apa saja.

Putih telur juga lebih murah daripada daging. Manfaatnya pun tak kalah dari sumber protein lainnya yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Ahli Gizi & Personal Trainer Coach Ayunova, S.Gz menjelaskan, protein adalah zat pembangun yang memperbaiki jaringan sel tubuh agar bekerja secara optimal. Protein juga menghasilkan enzim dan hormon yang menjaga fungsi organ tubuh.

Putih Telur

"Jadi, kita harus memastikan bahwa tubuh kita menerima zat gizi protein yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik," katanya dalam keterangan resmi Xpose

Dijelaskan lebih lanjut, protein adalah nutrisi yang memainkan peran besar dalam tubuh. Salah satu fungsi pentingnya adalah untuk membangun massa otot.

Protein juga mengandung asam amino. Jika seseorang mencukupi kebutuhan gizi protein, dengan mudahnya membentuk kembali otot setelah berolahraga.

"Protein menjadi salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ketika hendak membentuk otot ataupun menurunkan berat badan," tambahnya.

Studi juga menemukan, jika seseorang makan 25-30% total kalori harian dari protein, bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 80-100 kalori/hari serta mengurangi rasa lapar. Rekomendasi asupan protein untuk meningkatkan massa otot adalah 2,2 gram per kilogram berat badan.

Sementara untuk mengurangi berat badan, protein yang dibutuhkan adalah total kalori harian x 0.075. Contohnya, orang yang mengkonsumsi kurang lebih 2.000 kalori/hari disarankan untuk mengkonsumsi protein setidaknya 150 gram/hari.

Tapi jika memang dirasa kurang, suplemen dalam bentuk minuman ready to drink berprotein tinggi yang terbuat dari putih telur segar kini ada. Namun pastikan suplemen itu tanpa adanya kandungan gula, bahan pengawet, pewarna, serta minim karbohidrat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini