Share

Selain Nasi, Shirataki Bisa Jadi Boba hingga Pelengkap Sup!

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 16 November 2022 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 298 2708562 selain-nasi-shirataki-bisa-jadi-boba-hingga-pelengkap-sup-iG87ydjZ5u.jpeg Shirataki bisa menjadi boba hingga pelengkap sup (Foto: Sukardi/MPI)

SHIRATAKI makin populer di keluarga Indonesia. Pangan satu ini diklaim lebih sehat karena punya kandungan serat yang tinggi, namun gula dan kalori rendah.

Makanya, nggak heran semakin banyak orang beralih ke shirataki dan mulai meninggalkan nasi putih. Meski, tak sedikit juga yang mencampur keduanya agar sensasi makan kenyang didapatkan.

Shirataki dikonsumsi menjadi pengganti nasi sudah hal biasa, tapi tahukah Anda kalau shirataki juga bisa dijadikan panganan lain yang lezat.

Ya, menurut Company Representative PT Ambico Charlie Santoso, shirataki saat ini sudah berevolusi, bukan hanya dalam bentuk 'beras', tapi juga pasta, mi, hingga balok shirataki.

Shirataki

"Karena variasi shirataki semakin banyak, alhasil masyarakat bisa mengolah shirataki jadi panganan sesuai kesukaan mereka," kata Charlie saat ditemui MNC Portal di kawasan SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saking mudahnya untuk diolah, beberapa orang bahkan ada yang berani mengolah shirataki menjadi boba. Terbayang?

BACA JUGA : Shirataki, Mie Instan Jepang Kaya Serat Pas Buat Diet!

Boba menjadi pilihan yang dianggap sesuai karena pada dasarnya shirataki punya tekstur seperti 'jeli' dan boba pada umumnya kenyal. Karena kesamaan tersebut, nggak heran akhirnya ada yang bikin boba dari bahan baku shirataki.

"Boba dari shirataki tentu saja jadi lebih sehat. Bukan hanya rendah gula, tapi kaya akan serat pastinya," ungkap Charlie.

BACA JUGA : Nasi Shirataki Lagi Ngetren, Efektif Cegah Diabetes?

Berdasar informasi yang diterima MNC Portal, beberapa pangan lain yang bisa dibuat dari shirataki adalah nasi goreng bahkan bisa ditambahkan jadi isian sup sayur.

"Bahkan, ada pasta terbuat dari shirataki. Jadi, semakin banyak variasi menu makanan yang terbuat dari shirataki. Ini juga agar tidak bosan makan shiratakinya," tambahnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Seperti yang dilakukan Mama Rieta, ibunda Nagita Slavina, dia bahkan menggunakan shirataki jadi isian rendang Padang. "Ya, biar enggak bosen makan shiratakinya, aku kadang pakai shirataki di rendang. Rasa rendangnya gak berubah dan jadi lebih sehat," curhatnya.

Mama Rieta memilih shirataki jadi salah satu bahan makanan kesehariannya karena alasan kesehatan. Menurutnya, shirataki pilihan yang baik untuk memulai hidup sehat.

Mama Rieta

"Aku kalau habis makan shirataki, ngerasa badannya tuh enteng tapi kenyang. Itu yang aku suka," katanya.

Di sisi lain, Dokter Dion Haryadi menjelaskan kalau shirataki kenapa dianggap lebih sehat karena dalam 100 gramnya, itu mengandung 70 kkal dan 2 gram serat. Soal kandungan gula, setelah diolah shirataki sama sekali tidak mengandung gula alias 0 gram.

"Ini juga yang bikin kenapa orang makan shirataki tetap merasa kenyang tapi badannya terasa enteng. Beda dengan nasi putih yang per 100 gramnya itu mengandung kalori 204 kkal. Kebayang gak sehari makan 3 piring nasi, totalnya kira-kira 600-700 kkal. Itu yang bikin terasa penuh," ungkap dr Dion.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini