Share

Daftar 12 Buah yang Baik untuk Gigi, Tapi Jangan Kebanyakan Ya

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 16 November 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 298 2708679 daftar-12-buah-yang-baik-untuk-gigi-tapi-jangan-kebanyakan-ya-ySlbvL665i.jpg Ilustrasi Buah-buahan. (Foto: Shutterstock)

SELAIN memiliki bermacam nutrisi, vitamin dan mineral. Bahkan, beberapa buah juga memiliki antioksidan tinggi yang bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Tapi, ada beberapa buah yang memiliki nutrisi lebih baik untuk menjaga gigi tetap sehat. Buah tersebut memiliki antioksidan yang dapat membantu melindungi gusi maupun jaringan mulut dari kerusakan sel dan infeksi bakteri.

Meski begitu, kamu harus bijak memilih buah untuk gigi. Pasalnya, sifatnya yang asam, menyebabkan tak semua buah bagus untuk gigi. Cara mengonsumsi dan tingkat keseringan kamu makan buah juga perlu diperhatikan. Lalu, apa aja sih buah yang bagus untuk gigi? Berikut ulasannya seperti dilansir dari KlikDokter.

Apel

Apel mengandung serat dan air yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi. Buah apel juga kaya antioksidan yang membantu mencegah kerusakan dan infeksi bakteri pada gusi dan jaringan sekitarnya.

Gerakan mengunyah saat makan apel juga bikin produksi air liur (saliva) lebih banyak. Alhasil, tingkat keasaman mulut bisa dinetralkan sehingga risiko mengalami gigi berlubang bisa diminimalkan.

Selain itu, tekstur buah apel yang renyah dan sedikit kasar bermanfaat membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan, termasuk plak yang menempel. Napas pun jadi lebih segar.

Buah-buahan

Stroberi

Stroberi adalah buah yang baik untuk gigi. Stroberi kaya vitamin C yang sangat berguna untuk kesehatan pembuluh darah. Buah merah ini dapat meredakan peradangan sehingga mampu menjaga kesehatan gusi.

Vitamin C dalam stroberi juga sangat berguna untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang mampu melawan penyakit periodontal (jaringan pendukung gigi). Tak hanya itu, berkat kandungan asam malat di dalamnya, buah stroberi bisa mencerahkan warna gigi.

Anggur

Anggur sangat kaya antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit periodontal. Buah ungu ini juga mengandung antosianin yang bisa mencegah menempelnya plak pada permukaan gigi. Beberapa penelitian menduga anggur memiliki manfaat mengurangi risiko kanker mulut.

Jeruk

Buah jeruk kaya vitamin C yang bermanfaat memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Kandungan nutrisi buah ini juga mampu mengatasi penyakit gusi. Vitamin C dapat mengurangi peradangan sehingga masalah gusi tidak bertambah parah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pir

Buah pir bermanfaat menetralkan asam di dalam mulut. Dengan begitu, mulut akan selalu segar sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengancam kesehatan gigi.

Kiwi

Kiwi mengandung banyak vitamin C. Buah ini terbukti dapat membasmi bakteri di mulut dan meningkatkan asupan kolagen untuk mendukung kesehatan gusi.

Cranberry

Jika kamu mencari buah yang baik untuk mencegah sakit gigi, maka cranberry bisa jadi pilihan. Buah cranberry kaya polifenol dan mengandung antosianin. Kandungan ini dapat mencegah pembentukan dan penempelan plak gigi sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Cranberry juga efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan terbentuknya plak gigi. Selain itu, buah ini bisa mencegah radang gusi dan kerusakan gigi.

Semangka

Semangka mengandung banyak serat yang dapat mendukung gigi dan gusi yang sehat. Tingginya kadar air pada buah ini dapat memicu produksi air liur. Mulut kamu pun jadi terlindungi dari partikel sisa makanan dan bakteri.

Buah untuk memperkuat gigi dan gusi ini juga kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan kuat untuk mencegah penyakit gusi, serta menghambat pembentukan plak dan karang gigi. Karenanya, semangka termasuk pilihan buah yang bagus untuk gigi.

Timun

Timun kaya akan serat. Buah yang kerap dikelompokkan sebagai sayur ini memiliki kadar air tinggi sehingga dapat membantu melapisi mulut agar tidak kering. Mengunyah mentimun dapat menghasilkan air liur yang membantu menghilangkan bakteri jahat di mulut, sekaligus menetralkan rongga mulut yang asam.

Pisang

Pisang sangat baik untuk menunjang kesehatan gigi karena kaya serat, serta mengandung vitamin C dan B6. Pisang juga mengandung mineral, seperti kalium, mangan, dan magnesium sehingga terkenal sebagai buah yang baik untuk memperkuat gigi. Dibandingkan jeruk, pisang mempunyai pH (tingkat keasaman) 4,5-5,2 sehingga tergolong rendah asam. Karena itu, pisang adalah buah yang sangat baik untuk gigi.

Alpukat

Menurut peneliti dari Professor Jayashankar Telangana State Agricultural University, India, alpukat adalah buah yang bagus untuk gigi. Pasalnya, daging buah alpukat kaya serat prebiotik untuk menyehatkan pencernaan. Serat prebiotik adalah makanan bagi bakteri di dalam mulut dan usus. Alpukat juga kaya asam folat, vitamin C, kalium, vitamin B5 dan B6 sehingga bagus untuk memperkuat gigi.

Jambu

Menurut penelitian di BMC Complementary Medicine and Therapies, berkumur pakai larutan yang mengandung ekstrak jambu biji bisa menjadi terapi penunjang perawatan gigi. Ekstrak jambu biji memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang tinggi. Selain itu, jambu biji kaya vitamin C, asam folat, dan beta karoten sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi hingga mengurangi peradangan.

Itulah buah-buahan yang bagus untuk menunjang kesehatan gigi dan mulut kamu. Jika mengonsumsi buah-buahan yang mengandung asam tinggi, disarankan tidak langsung menggosok gigi setelah mengonsumsinya, ya!

Tunggu sekitar 30 menit sampai 1 jam agar lapisan email gigi kamu tidak terkikis. Supaya kesehatan gigi lebih optimal, jangan lupa kombinasikan konsumsi buah-buahan tersebut dengan rutin menyikat gigi yang tepat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini