Share

Selain Enak, 7 Makanan Ini Bantu Meredakan Kecemasan Lho!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 298 2708709 selain-enak-7-makanan-ini-bantu-meredakan-kecemasan-lho-ljhxamsQlm.jpeg Makanan untuk meredakan kecemasan (Foto: Healthline)

MASALAH kesehatan mental yang paling sering dialami orang adalah kecemasan.Merujuk data dari Kemenkes, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Ditambah lagi layanan kesehatan seperti rumah sakit jiwa di daerah-daerah di Indonesia belum bisa menunjang penduduk yang memerlukan penanganan terkait mental. Dalam banyak kasus, pengobatan sering diperlukan sebagai pengobatan utama. Namun, ada beberapa strategi yang juga dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi gejala kecemasan, mulai dari berolahraga hingga teknik pernapasan.

Selain itu, ada banyak makanan yang dapat Anda makan yang dapat membantu mendukung fungsi otak dan menurunkan keparahan gejala Anda, sebagian besar karena sifat meningkatkan otak mereka.

Berikut 7 makanan yang dapat membantu meredakan kecemasan dilansir dari Healthline (15/11/2022)

1. Salmon

Salmon

Salmon mungkin bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, ini mengandung nutrisi yang meningkatkan kesehatan otak, termasuk vitamin D dan asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA)

Nutrisi ini dapat membantu mengatur neurotransmiter dopamin dan serotonin, yang dapat memiliki sifat menenangkan dan merilekskan.

Secara khusus, diet kaya EPA dan DHA dikaitkan dengan tingkat kecemasan yang lebih rendah. Asam lemak ini diyakini dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang umum terjadi pada penderita kecemasan.

Ini juga dapat mendukung kemampuan otak Anda untuk beradaptasi dengan perubahan, memungkinkan Anda menangani penyebab stres yang memicu gejala kecemasan dengan lebih baik.

2. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang mengandung kurkumin — senyawa yang dipelajari perannya dalam meningkatkan kesehatan otak dan mencegah gangguan kecemasan.

Dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang tinggi, kurkumin dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel otak yang berhubungan dengan peradangan kronis dan stres oksidatif.

3. Dark Chocolate

Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung flavonoid, seperti epicatechin dan catechin, yang merupakan senyawa tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam dark chocolate dapat bermanfaat bagi fungsi otak dan memiliki efek pelindung saraf. Secara khusus, flavonoid dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan jalur pensinyalan sel.

Efek ini memungkinkan Anda menyesuaikan diri dengan lebih baik terhadap situasi stres yang dapat menyebabkan kecemasan dan gangguan suasana hati lainnya.

Beberapa peneliti juga berpendapat bahwa peran cokelat hitam dalam kesehatan otak mungkin hanya karena rasanya yang dapat membuat nyaman bagi mereka yang mengalami gangguan mood.

4. Yoghurt

Probiotik, atau bakteri sehat, yang ditemukan dalam beberapa jenis yogurt dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan Anda, termasuk kesehatan mental.

Meskipun masih merupakan bidang penelitian yang sedang berkembang, probiotik dapat mendukung sumbu usus-otak - sistem yang rumit antara saluran pencernaan dan otak. Secara khusus, penelitian menunjukkan bakteri usus yang sehat dapat dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Selanjutnya, makanan probiotik seperti yogurt dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi neurotransmiter penambah suasana hati, seperti serotonin.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Almond

Almond adalah sumber nutrisi yang bagus untuk meningkatkan fungsi otak, termasuk vitamin E dan lemak sehat. Faktanya, beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa almond dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan, yang dapat menyebabkan kecemasan.

6. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya, seperti flavonoid, yang telah dipelajari kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan otak dan meredakan kecemasan.

Satu studi selama 4 minggu menemukan bahwa suplemen harian dengan blueberry liar dikaitkan dengan lebih sedikit gejala depresi yang dilaporkan sendiri pada 64 remaja.

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang ditemukan dalam blueberry dapat mengurangi stres oksidatif dan meredakan gejala depresi dan kecemasan.

7. Telur

Telur adalah sumber triptofan yang sangat baik, suatu neurotransmitter yang mungkin bermanfaat untuk gejala kecemasan. Menurut sebuah penelitian, asupan protein dan triptofan yang tidak memadai — keduanya banyak terdapat dalam telur — dapat dikaitkan dengan tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

Telur juga mengandung vitamin D, dengan sekitar 6% dari Nilai Harian (DV) yang direkomendasikan dalam satu telur besar. Beberapa penelitian menemukan bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat dikaitkan dengan peningkatan gejala depresi dan kecemasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini