Share

Menghitung Kebutuhan Protein Seseorang, Penting untuk Bangun Massa Otot Ya

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Kamis 17 November 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 298 2709327 menghitung-kebutuhan-protein-seseorang-penting-untuk-bangun-massa-otot-ya-XRMnCtg5y7.jpg Ilustrasi Makanan Tinggi Protein. (Foto: Shutterstock)

SEIRING bertambahnya usia, tubuh kita memang akan mengalami bermacam penurunan fisik. Salah satu yang mengalami penurunan adalah fungsi otot kita. Biasanya, hal itu terjadi ketika seseorang sudah masuk usia 30 tahun.

Ketika fungsi otot mengalami penurunan, maka bisa terjadi instability atau mudah jatuh. Alasan ini lah yang juga menyebabkan para lanjut usia (lansia) kerap terjatuh. Oleh karena itu, guna menjaga fungsi otot tetap terjaga, maka tubuh memerlukan protein.

Protein adalah “batu bata” yang berperan besar dalam menyusun hampir semua bagian tubuh kita, misalnya otot dan tulang, paru-paru, kulit dan rambut. Tidak hanya itu, protein juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak.

Protein

Tidak cuma lansia, mereka yang masih muda juga harus mengonsumsi protein. Protein adalah nutrisi yang memainkan peran besar dalam tubuh yang salah satu fungsi pentingnya adalah untuk membangun massa otot.

Hal ini karena protein mengandung asam amino yang membentuk kembali otot setelah berolahraga. Karena itulah, protein menjadi salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ketika hendak membentuk otot ataupun menurunkan berat badan.

Studi menemukan bahwa mengkonsumsi 25-30 persen total kalori harian dari protein bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 80-100 kalori per hari serta mengurangi rasa lapar. Rekomendasi asupan protein untuk meningkatkan massa otot adalah 2,2 gram per kilogram berat badan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sementara untuk mengurangi berat badan, protein yang dibutuhkan adalah total kalori harian x 0.075. Contohnya, orang yang mengkonsumsi kurang lebih 2.000 kalori per hari disarankan untuk mengkonsumsi protein setidaknya 150 gram per hari.

"Protein adalah zat pembangun yang memperbaiki jaringan sel tubuh agar bekerja secara optimal," kata Coach Ayunova, S.Gz, ahli gizi sekaligus personal trainer seperti dilansir dari Antara.

Protein juga menghasilkan enzim dan hormon yang menjaga fungsi organ tubuh. "Jadi, kita harus memastikan bahwa tubuh kita menerima zat gizi protein yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini