Share

Gandum Mulai Langka karena Perang Rusia-Ukraina, Sorgum pun Dilirik Jadi Alternatif

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 17 November 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 298 2709420 gandum-mulai-langka-karena-perang-rusia-ukraina-sorgum-pun-dilirik-jadi-alternatif-Qm9dUXmxOa.jpg Ilustrasi Gandum. (Foto: Shutterstock)

PERANG antara Rusia dan Ukraina memang menimbulkan banyak masalah. Salah satunya adalah pasokan gandum yang langka di seluruh dunia. Pasalnya, Ukraina merupakan salah satu produsen gandum dan biji-bijian utama dunia.

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto mengatakan, krisis pangan telah menjadi ancaman serius seluruh dunia. Apalagi, pasokan gandum yang terbatas membuat beberapa negara terancam kelaparan.

"Jutaan orang di dunia tengah menghadapi kelaparan akut sebagai akibat dari tingginya harga energi yang mendisrupsi sistem pangan," kata dia di Atlantic Council Global Food Security Forum di KTT G20, di Bali, dalam keterangan resminya.

Gandum

"Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung, namun kita tidak bisa mengacuhkan ancaman krisis pangan global," tambahnya.

Salah satu penyebab masalah krisis pangan disampaikan CEO Atlantic Council Frederick Kempe datang dari ditahannya pasokan gandum oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Penghambatan pasokan gandum oleh Vladimir Putin memberikan tekanan yang lebih besar pada masalah sistem pangan global yang selama ini terjadi di masa pandemi," terangnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Bahkan, ditegaskan Frederick Kempe, masalah tersebut mempercepat perubahan iklim yang tentunya akan sangat berdampak pada kelangsungan hidup manusia di Bumi.

Mengacu pada masalah gandum yang disorot para pakar tersebut, Guru Besar IPB dari Fakultas Pertanian, Prof Suryo Wiyono, mengusulkan alternatif baru menggantikan gandum bahkan beras yaitu sorgum. "Sorgum merupakan tanaman serealia dengan kandungan karbohidrat yang setara dengan beras," terangnya dikutip dari laman resmi IPB.

Ia melanjutkan, sorgum kaya akan manfaat kesehatan, karena mengandung nilai gizi yang tinggi seperti vitamin B dan zat besi dibanding beras. Karena kandungan tersebut, sorgum dianggap mampu membantu mengatasi masalah gizi buruk pada sebagian masyarakat Indonesia. "Selain itu, sorgum bisa menjadi alternatif solusi krisis pangan," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini