Share

Berapa Kalori Labu Air? Buah yang Punya Segudang Manfaat

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Kamis 17 November 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 298 2709526 berapa-kalori-labu-air-buah-yang-punya-segudang-manfaat-RMimTHB93F.jpg Labu Air. (Foto: Pixabay)

LABU merupakan buah yang besar dan berbentuk bulat atau memanjang. Labu dapat dimakan segar atau diolah terlebih dahulu. Namun, labu biasanya tidak dimakan sebagai lalapan.

Labu pun memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah labu air atau labu sayur. Memiliki nama latin lagenaria siceraria, labu ini buah mudanya dapat disayur dan buah tuanya dijadikan wadah air, tabung, kantung hias, ataupun koteka. Bentuk buahnya bervariasi, mulai dari membulat hingga lonjong memanjang.

Berdasarkan informasi gizi dari Data Komposisi Pangan Indonesia oleh Kementerian Kesehatan, seperti dilansir dari KlikDokter, 100 gram labu air mengandung:

Air: 95 g

Kalori: 19 Kal

Protein: 0,6 g

Lemak: 0,2 g

Karbohidrat: 3,8 g

Serat: 0,6 g

Kalsium: 12 mg

Besi: 0,6 mg

Natrium: 2 mg

Tembaga: 0,03 mg

Zink: 0,8 mg

Vitamin C: 10 mg

Melihat beragam nutrisi yang dikandungnya, berikut ini beberapa manfaat labu air yang dapat menguntungkan tubuhmu:

Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

Labu air bisa menjadi alternatif cairan untuk menghidrasi tubuh. Lagi pula, memang pemenuhan cairan tidak harus dari minuman saja, bisa juga dari makanan.

Membantu Detoks

Kandungan air yang cukup tinggi di dalam labu air dapat membantu memperlancar proses detoksifikasi di dalam tubuh.

Labu Air

Mengelola Gula Darah

Menurut info dari International Journal of Green Pharmacy, labu air ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Hasil ini didapat setelah rutin meminum sari labu air selama 90 hari berturut-turut.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C pada labu air bisa membantu memelihara daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin ini termasuk salah satu antioksidan kuat alami yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya.

Terhindar dari Sembelit

Karena banyak kandungan air, labu air berkhasiat untuk sistem pencernaan dengan memudahkan pergerakan makanan melalui usus sampai dikeluarkan dari tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu meredakan sembelit.

Bikin Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat di dalam labu air tidak hanya membantu sistem pencernaan, tetapi juga dapat membuatmu mudah kenyang dan rasa kenyang bertahan lebih lama.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam penelitian di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, tikus yang diberikan ekstrak labu air mengalami penurunan kadar kolesterol jahat. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia tetap dibutuhkan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Mencegah Penyakit Kronis

Salah satu manfaat labu air untuk kesehatan adalah dapat membantu mencegah penyakit kronis. Misalnya, penyakit jantung dan stroke. Meski begitu, efektivitasnya tetap membutuhkan studi lebih lanjut.

Mengendalikan Berat Badan

Labu air termasuk sayuran dengan kalori paling rendah. Bagi kamu yang ingin menjalani program pengendalian berat badan, labu air bisa menjadi salah satu pilihan sayuran yang direkomendasikan.

Memelihara Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor di dalam labu air berkhasiat untuk kesehatan tulang. Tambahkan juga sayuran lainnya agar nutrisi yang masuk bervariasi dan seimbang.

Baik untuk Kulit

Tahukah kamu, perasan labu air bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Kandungan air yang tinggi dan nutrisi di dalamnya dapat membantu kulitmu lebih kenyal, lembap, dan bersinar.

Mengatasi Masalah Alergi

Menurut sebuah penelitian, aktivitas zat antiasma dan antialergi dari labu air ternyata bisa membantu seseorang dengan alergi. Namun, kamu tetap perlu cara lain agar alergi tidak kambuh, seperti menghindari pencetus.

Seperti anggota keluarga Cucurbitaceae lainnya, labu mengandung cucurbitacin. Zat ini diketahui bersifat sitotoksik (memicu kerusakan sel) pada konsentrasi tinggi. Jadi, konsumsilah labu air dalam batas wajar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini