Share

Mata Kaki Hitam dan Gelap, Ini 5 Cara Merawatnya Agar Cerah!

Vivin Lizetha, Okezone · Kamis 17 November 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 611 2709648 mata-kaki-hitam-dan-gelap-ini-5-cara-merawatnya-agar-cerah-yF39S5bNbh.jpg Ilustrasi. (foto: Unsplash)

BETAPA pun cantiknya seseorang, jika mata kakinya terlihat hitam, tentu akan merusak penampilan tersebut. Daerah mata kaki sering terlihat hitam. Hal ini karena kulit di sekitar pergelangan kaki lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya. Ia cenderung menjadi kering, tebal, dan gelap.

Tak hanya membuat malu tapi juga frustrasi. Meskipun perawatan berkala dapat menghilangkannya, namun semuanya bersifat sementara. Karena memang pada dasarnya kulit di sekitar mata kaki mudah menghitam.

mata kaki

Pelu perawatan rutin di rumah untuk mengurangi efek hitam tersebut. Dikutip dari Daily Hunt, berikut 5 cara mengurangi warna hitam pada mata kaki.

1. Lemon

Lemon dikenal sebagai bahan pemutih alami terbaik yang pernah ada. Faktanya, ia memiliki sifat astringen, antiseptik, dan pencerah kulit yang luar biasa, yang membantu menyembuhkan zona tubuh yang gelap sepenuhnya. Peras jus dari lemon segar dan oleskan langsung ke pergelangan kaki yang gelap. Anda juga dapat menggosokkan seiris lemon pada mata kaki selama beberapa menit. Biarkan mengering selama setengah jam sebelum dicuci dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari, akan membuat kulit lebih cerah dalam seminggu.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat pencerah kulit. Menerapkannya ke mata kaki yang gelap tidak hanya akan mencerahkan kulit di sekitarnya tetapi juga melembabkannya secara menyeluruh. Pijat pergelangan kaki dengan ekstrak lidah buaya setiap hari. Pastikan Anda menunggu setidaknya 30 menit sebelum mencucinya dengan air biasa.


3. Minyak Kelapa

Kelapa diperkaya dengan asam lemak esensial dan vitamin E. Keduanya efektif melembabkan serta memperbaiki kulit gelap dan rusak, juga dapat mencerahkannya secara maksimal. Jadi, gosokkan minyak kelapa murni dengan lembut ke area di sekitar mata kaki. Diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan sabun lembut dan air hangat.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Minyak Jarak

Jarak adalah obat alami yang luar biasa untuk pigmentasi kulit. Ia dapat mengurangi produksi melanin yang berlebihan di kulit dan memberikan nutrisi. Pijat mata kaki yang gelap dengan minyak jarak selama 10 menit setiap malam. Kenakan sepasang kaus kaki sebelum tidur agar tetap tertutup. Di pagi hari, bersihkan dengan air biasa.

5. Susu dan Tepung Beras

Sifat susu yang membersihkan, melembabkan, dan mencerahkan dapat membantu menghilangkan kulit gelap dengan mudah. Kalau digabung dengan tepung beras jadi lebih manjur. Campurkan 3 sendok makan susu mentah segar dengan 1 sendok makan tepung beras dan haluskan campuran tersebut untuk membentuk pasta yang kental dan halus. Pijat pergelangan kaki dengan lembut selama 10 menit setiap hari. Setelah mengering, bersihkan dengan air hangat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini