Share

8 Manfaat Nyata Minum Teh Tanpa Gula, Ampuh Turunkan Berat Badan Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Jum'at 18 November 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 298 2710314 8-manfaat-nyata-minum-teh-tanpa-gula-ampuh-turunkan-berat-badan-loh-JZgs0yD8G5.jpg Ilustrasi Teh. (Foto: Shutterstock)

MINUM teh memang telah menjadi gaya hidup di beberapa negara seperti Jepang, China, Korea bahkan Inggris. Bagi mereka, minum teh bukan lagi kegiatan tapi telah menjadi sebuah tradisi.

Diketahui, dua pertiga penduduk dunia mengonsumsi minuman yang berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis ini. Teh memang baik untuk kesehatan, lantaran kaya akan antioksidan.

Tapi, meminum teh yang disarankan adalah teh yang rendah gula. Diet rendah gula ini membuat masyarakat di negara tersebut memiliki tingkat risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes lebih rendah dibandingkan masyarakat di negara lain.

Berikut beberapa manfaat minum teh tanpa gula yang penting untuk kamu ketahui, seperti dilansir dari KlikDokter.

Minum Teh

Bantu Menurunkan Berat Badan

Teh tawar tanpa gula mengandung flavonoid yang disebut EGCG (Epigallocatechin Gallate) atau katekin. Katekin bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan mempercepat pemecahan lemak dalam tubuh. Kandungan kafein dalam teh juga bisa meningkatkan energi, sehingga kalori yang dibakar tubuh menjadi lebih banyak.

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat teh tanpa gula untuk kesehatan mulut adalah mengurangi plak. Dengan megonsumsi teh tawar, kesehatan mulutmu akan lebih terjaga dan pertumbuhan bakteri pemicu gigi berlubang pun dapat berkurang.

Terhindar dari Risiko Stroke

Penelitian European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan, jika kamu rutin mengonsumsi teh tanpa gula, maka dapat menurunkan 21 persen risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke. Dengan rutin mengonsumsi teh tanpa gula, kamu juga bisa meningkatkan kinerja dan kesehatan jantung.

Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam teh bermanfaat untuk mencegah kanker. National Cancer of Institute di Amerika Serikat menyebutkan bahwa pasien yang mengonsumsi dua cangkir teh hitam tanpa gula secara rutin, dapat mengurangi 30 persen risiko terkena kanker ovarium.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Mengurangi Risiko Diabetes

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, angka penderita diabetes dengan umur di atas 15 tahun sebesar 2 persen. Diketahui salah satu cara mencegah risiko diabetes adalah rutin mengonsumsi teh. Kandungan katekin dan theaflavin dalam teh membantu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi teh tanpa gula juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat anti inflamasi dalam teh dapat meningkatkan serta menguatkan fungsi sel sehingga kamu jadi tidak mudah sakit. Rutin mengonsumsi teh tanpa gula juga bisa meningkatkan sistem metabolisme yang membuat tubuhmu lebih kuat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Membantu Ringankan Gejala Diare

Kandungan zat tanin dalam teh bisa memberikan efek astringen (mengurangi jumlah cairan dalam feses) sehingga bisa meringankan penyakit diare.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Teh juga memiliki efek antikolesterol yang baik bagi kesehatan manusia. Rutin mengonsumsi teh tanpa gula bisa menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan, serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini