Share

'Miskin' Bahan, Makanan Khas Roma Tetap Bisa Terkenal Mendunia

Syifa Fauziah, Okezone · Jum'at 18 November 2022 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 298 2710481 miskin-bahan-makanan-khas-roma-tetap-bisa-terkenal-mendunia-AFZRNV1qti.JPG Spageti Carbonara, (Foto: Freepik)

ROMA jadi salah satu kota yang paling terkenal di Italia, mengingat statusnya sebagai Ibu Kota. Pesona yang dimiliki Roma sendiri, salah satu yang utama adalah bangunan peninggalan masa Kerajaan Romawi yang masih bisa dinikmati dan menjadi destinasi wisata terkenal.

Namun selain itu, Roma juga menyimpan kekayaan kuliner yang juga bisa dinikmati para pelancong saat berkunjung ke Roma. Makanan Roma, seperti diungkap Chef Max Mariola, juru masak asli Italia yang

ikut berpartisipasi dalam The World Week of Italian Cuisine 2022, karakteristik makanan Roma sendiri hanya menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana.

“Masakan roma itu ‘miskin’, tapi keistimewaannya adalah masakan Roma ini bisa membuat bahan yang sederhana ini bisa menjadi enak sekali,” tutur Chef Max Mariola saat dijumpai di Jakarta Restaurant, the Dharmawangsa, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

(Foto: MPI/ Syifa)

Chef Max mencontohkan, bagaimana penggunaan artichoke di dalam makanan khas Roma dan sajian khas Italia pada umumnya.

“Contohnya artichoke, orang biasanya enggak mau makan karena keras, tapi itu keistimewaan di masakan Roma yang khasnya dengan artichoke itu. Mereka (orang Roma) bisa bikin resep mengolah itu sedemikian rupa, sehingga menjadi sangat enak,” jelasnya panjang lebar.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Bukan hanya soal bumbu, namun ‘miskin’ atau kurangnya bahan ini juga berlaku untuk bahan utama. Chef Max mengungkap masakan Roma tidak takut untuk menggunakan contohnya, bagian terbaik dari daging sapi, justru yang diolah adalah organ dan jeroan.

“Ada olahan makanan dari jeroan sapi, hati, babat dan buntut. Diolah jadi masakan khas Roma dan enak banget,” terang Chef Max bangga.

Kesederhanaan bahan inilah yang dinilai jadi aspek menarik dari masakan Roma, misalnya saja dengan hanya menggunakan empat bahan namun bisa menjadi masakan lezat, disukai banyak orang, dan terkenal di dunia.

“Ada ada telur, keju, dan bacon lalu bisa jadi carbonara. Telur dan baconnya dikeluarin bisa jadi pasta, kemudian ditambah dengan tomat kejunya dikeluarin itu bisa jadi Amatriciana. Jadi itu hanya dengan empat bahan bisa jadi beberapa makanan terkenal di seluruh dunia,” pungkasnya.

 BACA JUGA:Resep Rawon Jawa Timur, Gurih dan Nikmat Menggugah Selera!

BACA JUGA:Kuliner Indonesia Memukau di KTT G20 Bali, Sandiaga Uno Optimistis Sektor Parekraf Bangkit Ciptakan Lapangan Kerja

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini