Share

Begini Tips Akali Bekal Anak agar Sayurnya Dimakan

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Sabtu 19 November 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 19 298 2710814 begini-tips-akali-bekal-anak-agar-sayurnya-dimakan-2OlpZ4Xzbv.jpg Ilustrasi Anak Makan Sayur. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh orangtua adalah anak-anak yang sulit makan sayur. Padahal, sayur memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak-anak.

Pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Anna Vipta Resti Mauludyani, SP, M.Gizi biasanya banyak orangtua yang menemui masalah pada anak mereka yang tidak menyukai makan sayur-sayuran. Mengenai hal ini, orangtua dapat menyiasatinya dengan memilih jenis sayur yang memang disukai anak terlebih dahulu sambil memperkenalkan sayuran yang lain.

Orangtua juga dapat melakukan modifikasi pengolahan sayuran yang disukai anak seperti memasukkan sayur ke dalam nugget, risol, atau pangan olahan lain. Dengan cara ini diharapkan dapat mengatasi bekal sayur yang biasanya tidak dimakan oleh anak.

“Itu bisa kita lakukan juga. Kalau dia tidak suka (sayur) itu benar-benar tidak dimakan, jangan sampai seperti itu. Tapi kalau seandainya olahannya sudah menarik dan dia suka suka makanan olahannya dari sayur tersebut, nanti dia akan makan,” kata Anna seperti dilansir dari Antara.

Bekal Anak

Selain itu, orangtua juga dianjurkan untuk menyiapkan tempat bekal yang juga menarik bagi anak-anak. Dengan begitu, imbuh Anna, mereka akan merasa semangat dan menambah rasa kepercayaan diri untuk memakan bekal yang dibawa. 

“Seperti bento-bento yang dari Jepang. Jadi kita bisa menambah variasi nasi tidak hanya dibiarkan begitu saja, bisa dibuat bulat-bulat, ada cetakan segitiga,” ujar dia.

Selain itu, orangtua juga disarankan untuk membuat bekal dengan tampilan menarik dengan cara mempertimbangkan pemilihan warna makanan. Anna mengingatkan, warna menarik bukanlah warna yang mencolok dan warna menarik ini bisa didapatkan dari bahan makanan alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini