Share

Hati-Hati, Belimbing Bisa Jadi Racun bagi Penderita Ginjal

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 21 November 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 298 2711753 hati-hati-belimbing-bisa-jadi-racun-bagi-penderita-ginjal-zIOmlvgfcU.jpg Ilustrasi Buah Belimbing. (Foto: Shutterstock)

KETIKA seseorang sudah mengalami gangguan pada ginjalnya, memang mereka tidak boleh makan sembarangan. Pasalnya, pengidap sakit ginjal punya organ yang tidak berfungsi normal sehingga tidak dapat mengeluarkan kelebihan kalium dari dalam tubuh.

Kalium yang menumpuk di dalam tubuh kemudian berubah menjadi racun yang makin merusak ginjal. Nah, salah satu yang tidak boleh dikonsumsi adalah belimbing, karena mengandung beragam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu mineral yang paling banyak terkandung di dalam belimbing adalah kalium alias potassium. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, satu buah belimbing berukuran sedang dengan bobot 100 gram, mengandung 130 mg kalium.

Karena ketidaktahuan, buah belimbing akhirnya termakan juga oleh penderita sakit ginjal. Kalau sudah begini, segera mengonsumsi air putih untuk menetralkan kondisi.

Belimbing

“Bisa minum air putih untuk pertolongan pertamanya. Tetapi tidak boleh terlalu banyak dan berlebihan juga minum air putihnya,” ujar dr. Arina seperti dilansir dari KlikDokter.

“Penderita sakit ginjal juga tidak boleh kelebihan cairan di dalam tubuh karena bisa menumpuk dan menyebabkan kerusakan organ lain, seperti jantung,” tambah dia.

Biar aman, Anda bisa melakukan cek darah untuk mengukur kadar potasium. Jika terbukti tinggi, dokter bisa meresepkan obat untuk membantu menurunkan kadarnya dan mengeluarkan kelebihan potasium tadi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini