Share

4 Buah Ini yang Harus Dihindari Para Penderita Ginjal

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 21 November 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 298 2711896 4-buah-ini-yang-harus-dihindari-para-penderita-ginjal-ZCe6ep4TFY.jpg Ilustrasi Buah-buahan. (Foto: Shutterstock)

MEREKA yang memiliki masalah ginjal memang harus menjaga pola makannya. Bukan hanya makanan harian, tapi juga buah-buahan yang harus dihindari.

Pasalnya, ada beberapa buah yang memiliki cukup banyak kalium alias potassium. Para penderita penyakit ginjal pun hanya boleh mendapat asupan kalium sebanyak tidak lebih dari 2.000 mg per hari.

Supaya penyakit tidak makin memburuk, penderita sakit ginjal juga perlu menghindari konsumsi beberapa buah ini, seperti dilansir dari KlikDokter:

Pisang

Pisang mengandung kalium yang tinggi, yaitu 422 mg. Makin tinggi potassium, makin besar risiko perburukan penyakit ginjal kamu.

Buah-buahan

Jeruk

Satu jeruk besar seberat 184 gram mengandung 333 mg kalium. Jika dibuat jadi secangkir jus, jumlah kaliumnya bertambah jadi 473 mg. Karena tingginya kandungan kalium dalam jeruk, hindari konsumsi jeruk maupun produk olahannya, ya!

Aprikot

Satu cangkir aprikot segar mengandung 427 mg kalium. Sementara, satu cangkir aprikot kering memiliki lebih dari 1.500 mg kalium.

Tomat

Secangkir saus tomat mengandung lebih dari 900 mg potassium. Hindari buah tomat segar maupun yang sudah diolah agar kerusakan ginjal tidak makin parah.

Kini kamu sudah mengetahui bahaya belimbing untuk pengidap sakit ginjal. Jaga kesehatan dengan tidak mengonsumsi belimbing maupun buah tinggi kalium yang bisa membahayakan ginjal.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini