Share

Ini Loh 4 Kebiasaan yang Sebabkan Wajah Jadi Jerawatan

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 22 November 2022 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 611 2712646 ini-loh-4-kebiasaan-yang-sebabkan-wajah-jadi-jerawatan-cXvSuygjro.jpg Ilustrasi Jerawat. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT, masalah kulit yang paling sering menyerang. Meskipun terlihat spele, tapi jerawat memang membuat banyak orang pusing bahkan mungkin minder.

Biasanya, jerawat terjadi di antara usia 14 hingga 17 tahun untuk perempuan dan 16 hingga 18 tahun untuk para pria. Meskipun, mereka yang sudah berusia lebih dari 30 juga ada yang mengalami jerawatan.

Ahli kecantikan kulit mengatakan bahwa masalah seperti jerawat dan komedo seringkali disebabkan oleh kesalahan sederhana dalam melakukan perawatan kulit. Selain itu banyak kebiasaan buruk yang ternyata memicu timbulnya jerawat.

Berikut ini adalah empat kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat menyebabkan jerawat seperti dilansir dari Times of India.

Jerawat

Sering menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah dengan jari yang tidak bersih dikatakan Dr. Nivedita akan memperkenalkan lebih banyak minyak, kotoran, dan kuman ke dalam kulit, sehingga memicu timbulnya jerawat.

Tidak menggunakan produk sesuai usia

Banyak orang menggunakan produk yang sama sepanjang hidup mereka. Ahli kecantikan kulit mengatakan bahwa sangat penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan usia.

Selain itu penting untuk memperhatikan kandungan di dalam sebuah produk, sebelum menggunakannya. Ada beberapa jenis kulit yang sangat sensitif, yang tidak dapat menggunakan produk dengan kandungan tertentu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Penggunaan sabun dengan tingkat pH yang salah

Penggunaan sembarang sabun untuk membersihkan wajah juga dapat memicu masalah kulit. Ahli kecantikan kulit Dr. Nivedita Dadu mengatakan bahwa sabun memiliki bahan kimia yang keras dan seharusnya tidak dimaksudkan untuk pembersih wajah.

Tingkat pH kulit adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap masalah kulit. Kebanyakan sabun memiliki tingkat pH antara 9 hingga 11 yang meningkatkan tingkat pH kulit sehingga menyebabkan masalah. ”Menggunakan sabun pada wajah bisa membuat kulit kering dan sensitif sehingga akhirnya menyebabkan jerawat," ujar Dr. Nivedita.

Penggunaan ponsel

Ahli kosmetik Dr Karuna Malhotra mengatakan bahwa ponsel juga dapat menyebabkan kulit wajah berjerawat. "Banyak bakteri berkumpul di layar ponsel dan bagian belakang, yang ketika bersentuhan dengan kulit wajah, dapat menyebabkan noda dan jerawat," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini