Share

Mengenal Shawarma Jajanan Kaki Lima yang Populer di Qatar, Intip Resepnya!

Wulansari Listya, Okezone · Rabu 23 November 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 298 2713148 mengenal-shawarma-jajanan-kaki-lima-yang-populer-di-qatar-intip-resepnya-DFP8QgXf1T.jpg Shawarma jajanan yang populer di Qatar (Foto: iloveqatar.net)

SEMUA mata sedang tertuju ke Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Di luar pertandingan sepak bola, banyak orang yang penasaran apa saja kuliner di negara Timur Tengah tersebut.

Negara Timur Tengah seperti Qatar, memang terkenal akan hidangannya yang menggugah selera dan unik. Salah satu camilan populer khas timur terngah yang cukup populer dinikmati di Qatar adalah Shawarma.

Shawarma

Dikutip dari iloveqatar.net, shawarma adalah hidangan Arab berupa daging yang dipotong-potong dan ditumpuk dalam bentuk seperti kerucut. Daging kemudian dipanggang perlahan di rotisserie vertikal yang berputar pelan.

Daging kemudian disajikan dalam gulungan roti pipih, serta tambahan olesan saus, acar sayuran, dan kentang goreng. Daging yang digunakan dalam cemilan ini juga bermacam-macam, bisa dengan daging ayam, domba, sapi, bebek, bahkan unta.

Untuk Anda yang di Indonesia, tak perlu jauh-jauh ke Qatar untuk menikmati jajanan ini. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Anda bisa menyesuai bahan-bahan yang tersedia untuk memudahkan memasak. Meski rempah dan bumbu berbeda, namun tak kalah enak dari resep aslinya.

Berikut resep shawarma khas Timur Tengah yang dikutip dari Cookpad, Rabu (23/11/2022).

Shawarma

Bahan-bahan:

7 paha bawah ayam

Bumbu marinasi:

1 sdm jinten

1/2 biji pala

5 cm Kayu manis

1/2 sdt cengkeh

1/2 sdt lada hitam

5 buah green cardamom (modif)

2 buah black cardamom (modif)

1 sdm paprika bubuk (Kashmere chili powder)

1 sdm lemon zest (pengganti sumac)

5 siung bawang putih

3 cm jahe

2 sdm plain yogurt cream

1 buah bawang bombay, iris kasar

1 sdt Garam

1/2 sdt gula (modif)

3 sdm minyak

Bahan Naan :

225 gr terigu protein sedang

1 sdt ragi instant

100 gr plain yogurt cream

1 sdt gula

1/2 sdt garam

120 ml air hangat (saya dingin)

1 sdm minyak

butter cair untuk olesan (skip)

1 siung bawang putih (skip)

Dipping Sauce :

200 gr plain yoghurt cream

50 gr mayonnaise

1/2 sdt bubuk rempah kering

5 batang cilantro, cincang halus

1 sdm extra virgin olive oil

Salad / pelengkap :

lettuce

tomat merah

bawang bombay

Cara membuat:

1. Sanggrai rempah kering yg ada pada bumbu marinasi, cukup sampai aroma rempah tercium (sekitar 30- 50 detik) dan biarkan dingin. haluskan jahe dan bawang putih, sisihkan.

2. Sementara kita menunggu rempahnya dingin, kita pisahkan daging ayam dari tulangnya. potong jaringan tissue/ urat halus seputar pergelangan kaki ayam, sayat memanjang sampai ke tulang, kemudian kerok sekeliling tulang, hati-hati ada tulang tipis yang melekat di tulang paha ayam. lepaskan seluruh daging dari tulangnya dengan cara menyayat searah.

3. Setelah daging terlepas dari tulang, periksa kembali apabila ada tulang kecil yang tertinggal. simpan tulang untuk membuat kaldu.

4. Setelah rempah dingin, haluskan kemudian campur dengan bubuk paprika/cabai, kemudian sisihkan 1 sdt untuk campuran dipping sauce. campur daging ayam dengan bumbu rempah dan bahan marinasi lainnya, kecuali minyak. aduk rata, tutup dan diamkan selama minimal 2 jam, kalau mau bumbu meresap sempurna biarkan semalaman, simpan di dalam kulkas.

5. Campur semua bahan roti dalam satu wadah, uleni sampai kalis, tidak perlu sampai elastis, tutup dan diamkan sampai mengembang 2 kali lipat. bagi menjadi bulatan-bulatan kecil dan diamkan selama 20 menit atau sampai mengembang 2 kali lipat lagi. sementara itu panaskan wajan yg dasarnya tebal dan tidak lengket

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Pipihkan adonan menggunakan rolling pin atau apapun yang bisa memipihkan (gelas, botol), panggang di atas wajan panas yang sudah diolesi minyak.

7. Balik saat sudah berwarna kecoklatan, biarkan berwarna kecokelatan juga setelah itu angkat dan simpan di wadah tertutup agar tidak kering dan keras. jika suka bisa dioles dengan butter yang diberi bawang putih cincang, atau ghee.

8. Masukkan minyak pada ayam yang sudah dimarinasi sesaat sebelum dimasak, kemudian aduk rata. di resep asli ayamnya dipanggang di oven, berhubung oven saya sedang dipakai memanggang yang lain jadi saya pakai happycall untuk memanggang ayamnya. tuang 1 sdm minyak ke atas wajan lalu panggang ayam sampai matang.

9. Saya ingin menambahkan aroma bakaran pada ayam. jadi setelah matang saya tempatkan ayam dalam wadah yang agak cekung seperti baskom stainless atau panci. letakkan wadah kecil tahan panas di atas ayam, lalu letakkan arang yang sudah membara dalam wadah tahan panas kemudian siram dengan sedikit minyak goreng, setelah berasap tutup wadah selama 5 menit atau sampai asap menghilang

10. Siapkan sayuran pelengkap dan potong-potong ayam yang sudah diasap. Siapkan juga dipping saucenya dengan cara mencampur semua bahan sauce dalam satu wadah.

11. Susun sayuran, ayam, dan sedikit sauce di atas naan, kemudian lipat/bungkus seperti kebab.

12. Chicken shawarma siap dihidangkan. Selamat mencoba

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini