Share

Viral Temuan Sekte Sesat Penyembah Mayat, Rela Makan Kotoran Manusia

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 23 November 2022 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 612 2713044 viral-temuan-sekte-sesat-penyembah-mayat-rela-makan-kotoran-manusia-VxBGr0JvNe.jpg Viral temuan sekte sesat penyembah mayat. (foto: Viral Press)

SEKTE penyembah mayat dan makan kotoran manusia viral di media sosial. Temuan sekte sesat ini berawal dari upaya polisi Thailand yang mau menggusur bilik ilegal di dalam hutan provinsi Chaiyaphum pada Mei 2022.

Sebelum eksekusi dilakukan, polisi malah menemukan banyak mayat di dalam bilik bambu milik Thawee Nanra, ketua sekte. Pria berusia 75 tahun itu dianggap 'Bapak Spiritual' oleh pengikutnya.

 Viral sekte penyembah mayat

Menurut laporan The Guardian, ada 11 mayat yang ditempatkan di peti mati dalam bilik reot tersebut. Berdasar keterangan media lokal Thailand, mayat-mayat itu diyakini adalah mayat para pengikut Thawee Nanra sendiri.

Gubernur Provinsi Chaiyaphum, Kraisorn Kongchalad, mengatakan bahwa Thawee memiliki banyak pengikut yang tinggal bersamanya. Pihak berwenang menduga sekte sesat ini sudah ada sejak 4 tahun lalu tanpa ada yang memperhatikan, karena lokasi kediaman pemimpin yang terpencil di tengah hutan.

Berdasar hasil penelusuran lebih lanjut, para umat Thawee mengaku kalau mereka harus minum urin, makan dahak dan kotoran Thawee karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Kepercayaan ini tentu tidak benar dan malah meningkatkan risiko penyakit lanjutan.

"Cukup mengganggu melihat ada orang-orang yang percaya takhayul seperti ini, terlebih ini bukan lagi soal kepercayaan pribadi saja. Kami menemukan banyak mayat dan kami harus bekerja dengan banyak pihak lain untuk menetapkan fakta seputar sekte ini," kata Gubernur, dikutip MNC Portal, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Laporan Mirror menjelaskan lebih detail bahwa Thawee disebut sebagai 'phra bida' atau 'bapak spiritual' karena dia telah belajar bagaimana menyembuhkan penyakit, termasuk anjuran makan kotoran manusia.

Karena ilmu yang dimilikinya, Thawee bahkan membuat obat herbal yang diberi nama 'ya dong'. Obat tersebut diketahui ditambahkan bulu hewan, tulang belulang, dan batok kelapa.

Populasi Thailand didominasi beragama Budha, tapi tak bisa dipungkiri banyak dari masyarakat negara tersebut yang menganut kepercayaan di luar agama Budha, termasuk kepercayaan sesat seperti pemuja roh lokal bahkan setan sekalipun.

Sekte sesat ini mulai terbongkar setelah salah seorang anak dari pengikut Thawee curhat di media sosial dan mendapat perhatian selebgram yang kemudian beritanya viral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini