Share

Jangan Sampai Menyesal, Begini 10 Langkah Mengambil Keputusan Tepat

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 23 November 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 612 2713336 jangan-sampai-menyesal-begini-10-langkah-mengambil-keputusan-tepat-UaLkf9bqvv.jpg Ilustrasi Mengambil Keputusan. (Foto: Freepik)

DALAM hidup kita memang kerap dihadapkan dengan pilihan dan dituntut untuk memutuskan. Terkadang, keputusan yang kita ambil memang remeh, seperti memilih makan apa, tapi ada juga yang besar hingga mengubah hidup kita.

Terlepas dari seberapa penting keputusan yang kamu buat, keterampilan dalam mengambil keputusan yang terbaik itu penting dan berguna untuk hidupmu.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menjelaskan, sebelum mengambil keputusan, sebaiknya kita perlu mengidentifikasi dulu kondisi yang sedang terjadi. Hal ini bertujuan agar kita bisa menyediakan beberapa alternatif dan menyiapkan plan lain.

โ€œPenting untuk tidak terburu-buru sebelum membuat keputusan. Sebaiknya keputusan juga diambil dengan pikiran yang tenang dan bukan karena dorongan emosional,โ€ jelas Ikhsan seperti dilansir dari KlikDokter.

Berikut cara mengambil keputusan yang bisa kamu terapkan:

Mengambil Keputusan

Tetapkan Tujuan Jelas

Sebelum membuat keputusan penting, salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah memikirkan kembali tujuan dan hasil yang kamu harapkan. Saat kamu mempertimbangkan hal-hal penting dari berbagai aspek, maka pilihan terbaik bisa semakin terlihat jelas. Tentunya ini akan membuatmu lebih mudah dalam menentukan sikap.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan

Cara pengambilan keputusan yang baik adalah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang mungkin terjadi. Kamu bisa menuliskan daftar kelebihan dan kekurangan dari keputusan yang akan diambil, lalu bandingkan keduanya. Mengetahui seberapa banyak kekurangan dan kelebihan yang akan didapat bisa membuat kita semakin yakin sebelum membuat keputusan.

Pertimbangkan Berbagai Kemungkinan

Untuk bisa mengambil keputusan terbaik, kamu harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan. Bukan hanya soal kelebihan dan kekurangan, tapi pikirkan juga bagaimana kamu bisa menerima dan bertanggung jawab dari hasil yang akan didapat setelah membuat keputusan.

Pikirkan Dampak yang Mungkin Terjadi

Saat akan mengambil keputusan, kamu juga harus memikirkan dampak yang mungkin terjadi ke depannya. Dengan mempertimbangkan dampak yang mungkin terjadi, kamu bisa lebih berhati-hati dan memikirkan cara terbaik untuk mengelola berbagai situasi.

Siapkan Alternatif Pilihan

Cara mengambil keputusan yang terbaik berikutnya adalah menyiapkan berbagai alternatif pilihan. Dengan menyiapkan berbagai alternatif pilihan, kamu bisa menyiapkan banyak rencana sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Membuat Catatan

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengontrol emosi hingga memengaruhi langkah-langkah pengambilan keputusan, coba mulai membuat catatan harian. Membuat catatan bisa membantumu mengetahui perasaan yang mengganggu dan mencari solusi terbaik. Jadi, masalah atau urusan yang sedang dihadapi bisa teratasi.

Kelola Stres

Pikiran yang jernih sangat penting dalam cara mengambil keputusan agar tidak menyesal. Rasa stres atau tertekan bisa sangat mengganggu decision-making. Jadi, jika kamu merasa cemas dan takut saat harus mengambil sebuah keputusan, coba usahakan kelola stres dulu dengan baik.

Mengelola stres bisa membuatmu lebih fokus sebelum mengambil keputusan. Salah satu cara mengatasi stres dan meningkatkan fokus adalah olahraga rutin. Jangan ragu juga untuk minta saran orang terdekat yang kamu percaya.

Berikan Jeda Waktu

Saat berada di bawah tekanan, biasanya kamu akan sulit berpikir jernih dan membuat keputusan. Jika kamu merasakan posisi sulit seperti ini, sebaiknya beristirahat sejenak dan berikan jeda agar kamu lebih tenang sehingga lebih yakin sebelum membuat keputusan.

Berdiskusi dengan Orang Terdekat

Cara mengambil keputusan agar tidak menyesal selanjutnya adalah diskusi dengan teman atau keluarga terdekat. Tips mengambil keputusan yang terbaik ini bisa memunculkan berbagai perspektif, sehingga bisa membantumu membuat keputusan.

Cari Bantuan Profesional

Setelah melakukan berbagai cara mengambil keputusan namun masih merasa kurang siap atau yakin, mungkin yang kamu perlukan adalah konsultasi ke psikolog. Psikolog dapat membantu mengarahkan dan memberikan pandangan serta saran terkait berbagai pilihan yang akan kamu ambil sebelum membuat keputusan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini