Share

Suka Tidak Pede? Coba Lakukan Self Talk Deh

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 23 November 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 612 2713391 suka-tidak-pede-coba-lakukan-self-talk-deh-jIt9pgsGzh.jpg Ilustrasi Self Talk. (Foto: Shutterstock)

APAKAH kamu pernah berbicara dengan diri sendiri? Banyak orang mencap mereka yang kerpa berbicara dengan diri atau self talk sebagai orang aneh. Padahal, berbicara pada diri sendiri sangat lumrah dilakukan loh.

Bahkan, berbicara dengan diri sendiri dapat membantu kita untuk tetap tenang saat menghadapi peristiwa menantang. Self talk adalah kegiatan monolog yang menggabungkan pikiran sadar, keyakinan, dan pikiran bawah sadar.

Menurut Ikhsan Bella Persada M.Psi., Psikolog, self talk dapat membantu kita untuk merefleksikan diri, memberikan afirmasi, dan mengekspresikan emosi yang dirasakan terhadap pengalaman tidak menyenangkan.

“Melakukan self talk dapat membantu kita sehat secara mental dan membantu untuk berpikir lebih positif. Jika sebelumnya terdapat hal-hal yang kita cemaskan atau membuat stres, berdialog dengan diri sendiri bisa membantu menguranginya,” jelasnya seperti dilansir dari KlikDokter.

Kebiasaan bicara dengan diri sendiri bisa memotivasi dan berdampak positif. Bahkan, aktivitas tersebut dapat membuat kita berpikir lebih optimis serta merupakan cara manajemen stres yang efektif.

Self Talk

Akan tetapi, self talk juga bisa merusak kepercayaan diri dan berdampak negatif. Terkadang, seseorang merasa pesimis dan gagal sebelum memulai sesuatu. Self talk positif dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental dan berdampak pada caramu berhubungan dengan orang lain.

Berikut sejumlah manfaat berbicara dengan diri sendiri:

- Mengurangi rasa kesepian, kecemasan, dan gejala depresi

- Memotivasi diri untuk mencapai tujuan hidup

- Membantu mengendalikan hidup sehingga menjadi lebih teratur

- Meringankan tekanan dalam hidup sehingga tidak stres

- Meningkatkan kecerdasan

- Membantu menyelesaikan masalah

- Meningkatkan rasa percaya diri

- Meningkatkan kesejahteraan hidup

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Cara Melakukan Self Talk

Meski tampak mudah, bicara dengan diri sendiri membutuhkan latihan. Dengan membentuk kebiasaan baru, pikiran bisa berubah ke arah yang lebih baik. Berikut contoh self talk yang bisa kamu coba:

1. Kenali Pikiran Negatif

Saran Psikolog Ikhsan, cobalah kenali terlebih dahulu pikiran atau keyakinan negatif yang sering muncul. Saat berada di situasi tertentu, kamu bisa menahan diri agar tidak mengeluarkan ungkapan atau pikiran tersebut.

2. Pikirkan Kata-kata Positif

Kamu juga bisa memikirkan kata-kata positif dan lebih tepat untuk diungkapkan terkait masalah yang sedang dialami. “Jika sebelumnya kita berpikir akan gagal dan mengecewakan semua orang, maka kita bisa mengubahnya dengan berpikir bahwa kegagalan ini bisa menjadi pembelajaran untuk diri sendiri agar ke depannya menjadi lebih baik,” tutur Psikolog Ikhsan.

3. Berikan Afirmasi Positif

Untuk melakukan self talk, kamu bisa berlatih dengan berdiri di depan cermin dan memberikan afirmasi-afirmasi positif atas hal yang sudah terjadi pada kehidupanmu.

4. Kelilingi Diri dengan Orang yang Positif

Mungkin beberapa orang tidak sadar bahwa ternyata kita bisa menyerap pandangan dan emosi yang dialami orang-orang di sekitar. Oleh karenanya, pilihlah orang-orang yang bersikap positif agar kamu tidak tertular emosi dan perilaku yang negatif.

Jika kamu sering berbicara kepada diri sendiri dan mengarah ke hal negatif, coba pertimbangkan kebenaran pikiran tersebut. Kemudian, ganti pikiran negatif dengan pernyataan yang lebih realistis. Daripada berdialog negatif dan menyalahkan diri sendiri, kamu bisa fokus pada hal-hal baik tentang dirimu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini