Share

Pentingnya Soft Skills untuk Milenial Gapai Kesuksesan Karir

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 November 2022 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 612 2713595 pentingnya-soft-skills-untuk-milenial-gapai-kesuksesan-karir-rkuj1DzYnV.jpg Soft skills penting untuk karir (Foto: Timesofindia)

GENERASI muda mengalami banyak perubahan hidup sejak pandemi Covid-19. Pelatihan soft skill pun dibutuhkan agar mereka berpikir dan mengumpulkan ide baru untuk mendukung hidupnya.

Anak muda harus memiliki kesadaran terhadap pentingnya kemampuan adaptif, berpikir kreatif, inovatif. Serta memiliki empati terhadap orang lain untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Setiap orang bahkan dihadapkan dengan pilihan dan anak muda harus punya pendirian agar tak salah langkah. Ini dikatakan Program Manager Bakti Pendidikan Djarum Foundation Abraham Delta Oktaviari,

Soft Skills

“Dalam hidup, kita kerap dihadapkan pada beberapa pilihan, termasuk respon dalam menghadapi situasi tertentu. Ini merupakan pilihan bebas, apakah kita mau membiarkan diri terperangkap pada situasi sulit, atau bangkit dan melakukan hal positif yang bisa berdampak baik bagi diri kita sendiri dan orang lain," ujarnya saat Pelatihan Nation Building ‘Merajut Asa, Bangkitkan Harapan’ Beswan Djarum.

Founder Rumah Perubahan, Guru Besar UI Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, menambahkan, anak muda harus kreatif dan kritis dengan apapun yang dihadapi. Saat ini, di tengah belenggu pandemi, generasi muda juga perlu senantiasa bergerak dan berani maju, melintas rintangan.

"Jangan hanya melihat pandemi hanya dari satu sisi yang tidak menyenangkan, tapi lihatlah pandemi sebagai suatu kondisi yang menciptakan beragam kreativitas untuk berkarya," tambahnya.

Soal soft skill, kata Prof Rhenald Kasali, ada 7 hal penting yang harus diingat. Berikut ulasannya yang bisa Anda simak selengkapnya.

1. Self Discipline

Disiplin karena kesadaran dari diri sendiri, bukan dengan paksaan. Lakukan segala sesuatu dengan disiplin yang dimulai dari diri sendiri, bukan karena dipaksa oleh orang lain.

2. Growth Mindset

Orang yang bertumbuh itu adalah orang yang senang ketika menghadapi tantangan. Jika menghadapi kesulitan, jangan menyerah dan siap untuk berkorban untuk sesuatu yang diyakini benar atau akan berhasil.

3. Risk Taker

Berani mengambil resiko terhadap keputusan yang diambil. Orang yang tidak berani mengambil resiko malah akan menjadi sangat beresiko.

4. Critical Thinking

Harus mampu berpikir kritis karena saat ini banyak berita tidak benar (hoax) yang beredar di masyarakat. Generasi muda harus kritis dalam belajar dan kritis dalam memahami berita serta informasi yang beredar, jangan mudah percaya informasi yang tidak jelas sumber beritanya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

5. Creative Thinking

Karena dihadapi oleh situasi yang sulit (pandemi), generasi muda perlu berpikir kreatif. Pandemi telah melahirkan terobosan-terobosan dan ledakan ekonomi kreatif.

6. Simple power of simplicity

Jadilah orang-orang hebat yang bisa menyederhanakan hal-hal yang rumit serta orang-orang pintar yang bisa mengubah hal-hal yang rumit menjadi lebih sederhana. Kemampuan untuk menyederhanakan suatu hal adalah hal yang penting.

7. Play to win

Berusaha menjadi pemenang dalam suatu ‘permainan’. Namun, dalam play to win, tidak harus selalu menang, berikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi pemenang karena pemenang itu adalah orang yang bisa menerima kekalahan dengan hati terbuka.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini