Share

5 Tips Masak Daging Steak Anti Alot ala Dimas The Meat Guy

Syifa Fauziah, Okezone · Kamis 24 November 2022 21:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 298 2714349 5-tips-masak-daging-steak-anti-alot-ala-dimas-the-meat-guy-rceyBfRz4s.JPG daging steak, (Foto: Freepik)

DAGING sapi jadi salah satu sumber protein kesukaan dari banyak orang. Selain enak, pilihan untuk pengolahannya pun beragam, ada yang dibuat steak, rendang, stew, dan masih banyak lagi.

Memasak daging sapi memang susah-susah gampang, karena ada teknik tertentu yang harus diperhatikan agar daging tidak alot, apalagi jika dimasak menjadi steak.

Tenang, jika Anda masih bingung bagaimana cara masak steak agar dagingnya tak alot. Mungkin bisa sontek lima tips dari Dimas The Meat Guy berikut ini, yang ditemui MNC Portal usai acara The Discover List 2022, Kamis (24/11/2022).

1. Keringkan daging: Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeringkan dan memarinasi daging. “Pertama keringin dagingnya dulu lalu marinasi dengan garam dan lada hitam. Lalu masak dagingnya jangan welldone, kalau bisa medium rare aja karena masih juicy dan nggak terlalu kering dagingnya," ujar Dimas.

2. Diistirahatkan dulu: Setelah dimasak, Dimas menyebutkan sebaiknya jangan langsung dipotong dagingnya, karena sebaiknya didiamkan terlebih dahulu lima menit baru disajikan. "Karena saat panas daging tegang, biarkan agar rileks karena ini memengaruhi tekstur daging," tambahnya.

 

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Pilih jenis potongan daging sesuai olahan: Jika masak steak dengan kualitas daging yang standar, pilih daging dengan potongan tenderloin, sirloin, rib eye.

4. Rendam dengan nanas dan daun pepaya: Agar hasil daging steak Anda bisa juicy, triknya bisa rendam dgaing dengan nanas atau daun pepaya selama 45 menit dan cuci. Marinasi daging dengan nanas tak akan mengubah rasa, tapi syaratnya harus dicuci. “Boleh dicuci kalau habis direndam nanas. Hasilnya bisa juicy karena ada enzim bromelin yang buat pecahin protein daging," imbuh Dimas.

5. Perhatikan tempat beli daging: Sangat disarankan untuk membeli daging di toko yang memang sudah terpercaya. Tak selalu mahal, saat ini sudah ada beberapa toko menjual daging dengan harga murah namun tetap berkualitas. “Kalian masak itu udah enak karena dagingnya berkualitas, gradenya nggak terlalu tinggi, medium, tapi karena kita dari qualitynya sudah bagus dagingnya bisa empuk dan enak,” tutup Dimas.

 BACA JUGA:Masak Singkat Namun Lezat dengan Resep Steam Tahu Telur ala Jesselyn Lauwreen

BACA JUGA:4 Makanan Khas Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini