Share

Ingin Terlihat Seperti Baru? Ini 7 Cara Mencuci Sepatu Putih dari Noda Kuning

Imam Rachmawan, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 12 2714817 ingin-terlihat-seperti-baru-ini-7-cara-mencuci-sepatu-putih-dari-noda-kuning-EAa77kW2dZ.jpg Foto: Dok Tokopedia

Memiliki warna netral, sepatu putih sangat mudah sekali dipadukan dengan gaya outfit apapun. Bahkan, sepatu putih yang begitu populer di semua kalangan ini juga kerap kali digunakan sebagai item untuk outfit formal, sehingga dapat memberikan kesan trendi bagi siapa saja yang menggunakannya.

Salah satu sepatu putih yang populer dan tidak asing lagi ditelinga adalah sepatu keluaran Nike. sepatu Nike memiliki berbagai jenis dan desain, mulai dari sepatu khusus anak-anak, wanita, hingga pria. Beberapa jenis sepatu putih Nike yang populer dan bisa kamu beli di Tokopedia di antaranya adalah Nike Air Max 90, Nike Air Max 720, dan Nike Air Force 1 white.

Nah, untuk tipe Nike Air Force 1 white sendiri merupakan jenis sepatu yang laris di pasaran dari tahun ke tahun tanpa banyak mengalami perubahan dari model aslinya. Sepatu ini mengusung teknologi Nike Air dengan Air Sole Unit serta memiliki desain yang elegan, sehingga pas ketika dipadukan dengan penampilan apapun.

Dengan kepopulerannya tersebut, sayangnya sepatu putih memiliki kekhawatiran tersendiri, karena mudahnya menguning ketika kotor oleh debu atau genangan air akibat hujan yang tak terduga. Tak jarang, para pengguna sepatu putih harus ekstra hati-hati ketika sedang beraktivitas dan harus sering membersihkannya.

Meskipun produk keluaran Nike ini menawarkan harga yang cukup tinggi, akan tetapi kualitas sepatu Nike memiliki kualitas yang terjamin bagus. Karena itu, penting bagi kamu pengguna Nike Air Max 90, Nike Air 720, dan Nike Air Force 1 untuk mengetahui cara merawat dan membersihkan sepatu dari noda kuning.

Lalu, bagaimana cara membersihkan sepatu putih Nike dari noda kuning? Berikut ulasannya di bawah ini.

 BACA JUGA:4 Cara Membersihkan Sepatu Putih, Dijamin Kinclong Seperti Baru!

7 Cara Mencuci Sepatu Putih agar Tak Ada Noda Kuning

Cara mencuci sepatu putih harus diperhatikan dengan baik dan benar, sebab kesalahan dalam mencuci sepatu juga dapat menyebabkan warna sepatu menjadi luntur dan bahannya menjadi rusak. Buat kamu yang belum mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan sepatumu, ini dia cara mencuci sepatu Nike yang menguning agar terlihat seperti baru.

Bersihkan Bagian Outsole dengan Pasta Gigi

Bagian outsole atau bagian bawah sepatu merupakan salah satu area yang paling mudah terkena kotoran. Untuk membersihkannya, kamu bisa memanfaatkan pasta gigi yang dioleskan secukupnya pada bagian sela-sela outsole sepatu dengan menggunakan sikat yang berbulu lembut dan bertekstur.

Lakukan hal ini seminggu sekali atau paling tidak sebulan sekali agar kebersihan sepatu lebih terjaga.

Mencuci Bagian Luar Sepatu dengan Sabun Cair

Sama seperti penggunaan pasta gigi, kamu juga bisa menggunakan sabun cair untuk mencuci sepatu dengan menggunakan air sabun secukupnya untuk sedikit membasahi bagian area luar sepatumu.

Setelah itu, gosok perlahan dengan kain, spons, atau sikat gigi hingga bersih. Gerakan menggosok sepatu tersebut sebaiknya mengikuti arah air cairan sabun yang sebelumnya sudah kamu tuang untuk melumuri bagian luar sepatu.

Menggunakan Soda Kue

Soda kue/baking soda merupakan salah satu bahan masakan yang dapat digunakan untuk mencuci sepatu putih yang menguning. Caranya dengan mencampurkan soda kue dengan air hangat hingga berbentuk pasta.

Setelah itu, oleskan soda kue ke bagian sepatu yang kotor dan biarkan hingga mengering, maka kotoran dapat dicungkil dan hilang.

Menggunakan Cuka

Sama seperti soda kue, cuka merupakan bahan dapur yang memiliki fungsi lain yang mampu mengangkat kotoran. Dengan kata lain, cuka dapat dimanfaatkan untuk menggosok sepatu putih yang menguning agar tampak seperti baru.

Membersihkan Sepatu Putih dengan Penghapus

Alat tulis satu ini dapat dimanfaatkan untuk membantu membersihkan noda yang tidak terlalu banyak pada sepatu berwarna putih. Akan tetapi, apabila sepatu putih yang digunakan berbahan suede, sebaiknya gunakan penghapus khusus agar bisa lebih bersih secara maksimal.

Membersihkan dengan Semir Sepatu

Mungkin kamu mengira bahwa penggunaan semir sepatu hanya untuk sepatu kulit berwarna hitam ataupun cokelat. Namun, sebenarnya ada semir sepatu yang warnanya netral dan dapat digunakan untuk sepatu putih.

Semir sepatu dengan warna netral ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat sepatu putih kembali bersih seperti baru. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa bahan sepatu dan semir yang digunakan cocok.

Menjemur Sepatu

Untuk menjemur sepatu putih Nike, sebaiknya jangan menjemurnya di bawah paparan sinar matahari secara langsung, karena akan dapat merusak warna sepatumu. Apabila ingin mengeringkannya secara cepat, kamu bisa menggunakan hair dryer. Pastikan terlebih dahulu untuk menggunakan lap setelah mencuci sepatu tersebut. 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(Wid)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini