Share

Rayakan Hari Guru Nasional, Aksi Para Bocah TK Bikin Kreasi Bunga Bikin Terharu

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 25 November 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 612 2714633 rayakan-hari-guru-nasional-aksi-para-bocah-tk-bikin-kreasi-bunga-bikin-terharu-9CxXvSJmLs.jpg Anak TK Rayakan Hari Guru Nasional. (Foto: MPI/Sukardi)

PADA 25 November Indonesia memperingati Hari Guru Nasional, untuk menghargai para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Ada beragam cara dilakukan untuk merayakan Hari Guru Nasional, yang paling terlihat adalah lewat media sosial.

Nah, anak-anak TK dari RA Nurul Hidayah Pakulonan memilih membuat kreasi bunga kertas yang kemudian diberikan kepada ibu guru pengajar. Menurut Kepala Sekolah RA Nurul Hidayah Pakulonan Tety Fadilah, aksi kreatif ini bukan hanya mengajarkan anak-anak makna cinta kasih yang disimbolkan dalam bentuk bunga, melainkan melatih motorik halus mereka.

"Jadi, di Hari Guru Nasional 2022 ini kami mengajak anak-anak murid untuk mengekspresikan cinta mereka dengan membuat bunga dan memberikannya ke guru-guru," kata Tety Fadilah saat ditemui langsung MNC Portal di RA Nurul Hidayah Pakulonan, Tangerang Selatan, Jumat (25/11/2022).

Hari Guru Nasional

Tak hanya sebagai medium mengekspresikan cinta kepada guru, kreasi bunga kertas ini juga salah satu aktivitas yang mampu merangsang motorik halus para anak murid. Jadi, aktivitas di Hari Guru Nasional ini juga bagian dari pembelajaran anak-anak.

"Dengan membuat kreasi bunga kertas, anak-anak dilatih motorik halusnya. Ini penting untuk mengembangkan keterampilan anak dalam menggerakkan kedua tangannya, melatih kecepatan tangan dan mata, serta sebagai alat melatih penguasaan emosi," papar Tety.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Diharapkan, lanjut Tety, anak-anak setelah membuat kreasi bunga kertas ini di sekolah juga mereka bisa membuatnya sendiri di rumah dan dengan begitu mereka dapat memberikan bunga hasil buatannya ke orangtua masing-masing.

Hari Guru Nasional

Di sisi lain, Tety ingin menyampaikan pesan khusus di Hari Guru Nasional 2022 ini bahwa jadikan pekerjaan guru sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan. Dengan begitu, apa yang dikerjakan bukan hanya sebatas menyelesaikan tanggung jawab, tapi benar-benar memberikan cinta kasih ke anak murid.

"Kami di sekolah, para guru, itu adalah orangtua anak murid. Jadi, perlakukan mereka selayaknya anak sendiri. Ajari mereka ilmu yang bermanfaat sekaligus kenalkan cinta dan kasih, supaya mereka tumbuh menjadi manusia yang berakhlak mulia dan berbudi luhur," tambah Tety lantas tersenyum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini