Share

Viral Kisah Guru Honorer 30 Tahun Mengabdi, Sekarang Jadi Pengamen di Pasar

Vivin Lizetha, Okezone · Jum'at 25 November 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 612 2714651 viral-kisah-guru-honorer-30-tahun-mengabdi-sekarang-jadi-pengamen-di-pasar-aqTKsYarrd.jpg Viral kisah guru honorer 30 tahun mengabdi sekarang jadi pengamen di pasar. (foto: Tiktok)

PAHLAWAN tanpa tanda jasa mungkin cocok dilekatkan pada sosok guru satu ini. Meski sudah 30 tahun mengabdi menjadi seorang guru, tak membuat masa tua menjadi lebih baik.

Ia bahkan kepergok oleh mantan muridnya, mengamen di pasar untuk mencari uang. Dalam video yang diunggah akun Tiktok @peduli_perawat_indonesia, tampak seorang pria mengenakan baju safari abu tua tengah menyanyikan lagu nasional.

 Viral kisah guru honorer sekarang jadi pengamen

"Sedih sekali, 30 tahun pengajar guru honor ini ketahuan ngamen dengan muridnya, lalu divideokan di viral," tulis caption dalam video tersebut.

Diketahui sang bapak dahulunya mengajar pelajaran musik di sekolah. Namun, ternyata sekolah tempat sang bapak mengajar dahulu sudah dijual untuk dijadikan perumahan. Oleh karena itu, ia mencari akal untuk tetap hidup dengan keahlian yang ia punya.

Ia memilih mengamen karena hanya kemampuan itu yang ia miliki. "Kalau orang ngomong saya sudah tua. Tapi talenta itu sampai kapan pun tetap," katanya dalam video wawancara yang dikutip dari sumber yang sama.

Sesekali, masih ada teman sesama guru yang mengajaknya mengisi kelas kesenian. "Dari sana saya mendapat uang Rp 150 ribu," ceritanya dengan mata berkaca-kaca.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Video ini sudah ditonton oleh 1,6 juta viewer. Tak sedikit yang terharu melihat video sang bapak guru.

"Sedih ya Allah guru honorer. Pahlawan yang sesungguhnya," kata @ardiantonha***.

"Sedih ya allah. Sangat miris sekali nasib guru honorer di negeri ini. Padahal menurutku guru adalah pondasi bagi negara kita," tutur @Rizky Harr****.

"Nasib guru honor yang banyak mencetak murid murid plat merah," ungkap @balm***.

"30 tahun engkau mendidik murid-muris yang sekarang mungkin sudah banyak yg sukses. Sudah jadi orang besar, pengusaha, penjabat," ucap @wargakalima****.

"Begitulah nasib guru di Indonesia," tulis @baleb***.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini