Share

16+ Cara Mengusir Tokek di Rumah Secara Alami, Bisa Pelihara Kucing

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 612 2714666 16-cara-mengusir-tokek-di-rumah-secara-alami-bisa-pelihara-kucing-6FpunjcISH.jpg Ilustrasi (Foto: Alamy)

16+ cara mengusir tokek di rumah secara alami memang menarik untuk dibahas. Hewan nokturnal satu ini memang bisa disebut sebagai hewan pengganggu kala masuk area rumah.

Bagaimana tidak, suara hewan karnivora satu ini mampu membuat penghuni rumah terganggu. Banyak yang menggunakan beragam cara untuk mengusirnya, namun tetap saja nihil.

Berikut 16+ cara mengusir tokek di rumah secara alami

1. Manfaatkan Serbuk Tembakau

Tembakau

Sama halnya dengan cicak rumah, tokek kerap kali membuang kotoran secara sembarangan. Alhasil membuat beberapa sudut rumah yang dihinggapinya kotor.

Oleh sebab itu, banyak yang memanfaatkan serbuk tembakau sebagai cara mengusir. Bau yang menyengat dari serbuk tembakau membuat hewan famili Gekkonidae ini pergi secara sendirinya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Manfaatkan Cangkang Telur

Cangkang telur termasuk salah satu sampah yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk tanaman, ternyata cangkang telur juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tokek.

Melansir dari Home Guru, saat tokek melihat cangkang telur, mereka mengira itu adalah tempat pemangsa lainnya. Sehingga hewan tersebut akan pergi dengan sendirinya.

3. Manfaatkan Semprotan Nyamuk

Semprotan anti serangga atau nyamuk dipercaya dapat mengusir tokek. Caranya cukup semprot di tempat tokek berada. Aroma menyengat dari semprotan nyamuk tersebut membuatnya tak betah.

4. Manfaatkan Suara Bising

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir tokek, yakni mengagetkannya dengan suara berisik yang mengganggu. Contohnya, memukul meja, menendang benda keras, serta memainkan alat dapur. Nantinya, suara yang berisik dan keras ini akan membuat tokok berlari ke luar rumah.

5. Manfaatkan Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih ternyata tak hanya untuk bumu masak, namun juga bisa mengusir tokek. Cukup meletakkan irisan kedua umbi lapis pada sudut area yang digunakan tempat hidupnya. Nantinya, aroma menyengat dari bumbu dapur ini membuat para tokek tak nyaman dan pindah.

6. Turunkan Suhu Ruangan

Hadirnya tokek di rumah umumnya lantaran suhu rumah yang terkesan hangat. Selayaknya cicak, hewan reptil ini juga tahan dengan udara panas.

Untuk mengusirnya, cukup menurunkan suhu ruangan setidaknya hingga 22 derajat Celsius. Sebab, hewan ini tak tahan dengan udara sejuk.

7. Bakar Daun Kering

Cara lain mengusir tokek adalah dengan membakar daun kering dan membuat asap. Asap hasil pembakaran daun kering bisa mengganggu hewan voka ini dan membuatnya pergi dari rumah.

8. Semprotkan Air Garam

Ternyata cipratan air garam selain dapat membuat cacing keluar dari dalam tanah juga bisa digunakan untuk mengusir tokek secara alami. Air garam ini bisa bereaksi cepat terhadap kulit tokek.

9. Manfaatkan Kulit Jeruk

Kulit jeruk identik dengan aroma segar dan khas sering kali digunakan sebagai wewangian alami atau aroma terapi di rumah. Tak hanya untuk wewangian, ternyata kulit jeruk juga bisa digunakan untuk mengusir tokek. Aroma wangi yang menyengat ternyata tidak disukai oleh tokek dan membuatnya pergi.

10. Tabur Bubuk Kapur Barus

Kapur barus atau kamper yang digunakan untuk pengharum pakaian ataupun kamar mandi ini rupanya bisa menjadi cara mengusir tokek. Aroma benda satu ini rupanya cukup menyengat dan mengganggu bagi mereka.

Oleh sebab itu, tumbuk kapur barus dan taburkan di dinding atau jalur yang sering dilalui tokek. Maka tokek akan berlalu pergi.

11. Bersihkan Rumah Secara Rutin

Tokek mungkin sering mampir ke rumah lantaran kondisi yang kotor atau tak terawat. Hal ini membuat serangga sering berdatangan, termasuk tokek. Oleh sebab itu, pastikan rumah selalu dalam keadaan bersih.

12. Taburkan Serbuk Cabai

Serbuk cabai tak hanya untuk bumbu tambahan pada masakan, namun juga bisa digunakan untuk mengusir tokek. Rasa pedas dan aroma yang menyengatnya tersebut tak disukai

13.Ampas Kopi

Olesi Sudut Rumah dengan Ampas Kopi

Ampas kopi selain sangat bagus untuk kulit manusia, rupanya juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tokek. Tak hanya mengusirnya, tokek pun bisa keracunan. Maka dari itu, letakkan ampas kopi yang telah dibentuk bola-bola di sudut tembok.

14. Memanfaatkan Getah Buah Nangka

Getah buah nangka ternyata bisa mengusir tokek dengan mengoleskan ke bambu atau ujung kayu. Setelah tokek terlihat maka dekatkan ujung kayu yang telah dioleskan getah ke badan tokek.

15. Usir dengan Bulu Burung Merak

Motif dan warna bulu burung merak yang cantik ternyata bisa memberi efek psikologis bagi tokek. Bulu merak tersebut dianggap sebagai hewan lain, atau bahkan predatornya.

16. Memanfaatkan Bubuk Lada

Bubuk lada dikenal dengan aroma yang tajam dan dengan rasa yang pedas. Rupanya, tokek akan merasakan hal yang sama, terlebih tubuhnya juga akan terasa perih saat terkena lada.

17. Pelihara Kucing

Kucing termasuk salah satu hewan peliharaan yang bisa dipertimbangkan untuk mengusir hama di rumah. Hewan satu ini memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam sehingga dapat digunakan sebagai cara mengusir tokek. Tak heran kerap berhasil memburu tokek maupun tikus.

(RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini