Share

Serupa Tapi Tak Sama, Berapa Kalori Soun dan Bihun?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Sabtu 26 November 2022 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 298 2715271 serupa-tapi-tak-sama-berapa-kalori-soun-dan-bihun-AdW0ZqDiIN.jpg Ilustrasi Soun. (Foto: Cookpad)

SOUN dan bihun memiliki bentuk tipis yang menyerupai mie. Warna keduanya juga putih. Meski demikian, sebenarnya soun dan bihun merupakan dua jenis mie yang berbeda.

Perbedaan utama dari soun dan bihun terletak pada bahan dasarnya. Soun terbuat dari pati kacang hijau, sedangkan bihun dibuat dari tepung beras. Karena bahan dasarnya berbeda, pastinya akan ada perbedaan-perbedaan lainnya dari segi tekstur dan nutrisinya.

Lantas, jika dilihat berdasarkan kandungan gizinya maka kalori soun dan bihun, seperti dilansir dari KlikDokter, adalah sebagai berikut:

Soun

Kandungan gizi dan kalori soun yaitu:

Karbohidrat 121 gram

Natrium 14 miligram

Kalori 291 kalori

Kandungan tersebut didapatkan dari takaran 180 gram soun.

Sementara itu, apabila meninjau dari segi indeks glikemik, soun memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu 39.

Dalam jumlah takaran yang sama, yakni 180 gram, kandungan gizi dan kalori bihun adalah:

Kalori 192 kalori

Natrium 33 miligram

Karbohidrat 44 gram

Serat 1,8 gram

Apabila dilihat dari indeks glikemik pada bihun, jumlah yang dapat kamu peroleh adalah sekitar 53.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Jika menilik dari kandungan nutrisi, sebenarnya tidak terlalu berbeda antara soun dan bihun. Keduanya juga sama-sama mengandung vitamin B kompleks dan mineral berupa fosfor, kalsium, dan magnesium, tetapi dalam jumlah yang sedikit.

Perbedaan soun dan bihun yang paling mencolok dapat terlihat dari indeks glikemiknya. Bila dilihat dari segi indeks glikemik, soun dan bihun sebenarnya merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi yang cukup baik. Nasi sendiri memiliki indeks glikemik sebesar 73.

Keduanya pun dapat dijadikan makanan pengganti nasi yang baik. Tentu saja bila diolah dengan cara yang tepat. Pengolahan yang baik tidak menjadikan makanan tersebut tinggi kalori.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini