Share

Wow Ada Whisky Seharga Rumah, Harganya Nyaris Rp700 Juta

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 26 November 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 298 2715359 wow-ada-whisky-seharga-rumah-harganya-nyaris-rp700-juta-vXHPraKwrQ.jpg Whisky Mahal. (Foto: Glenfididich)

WHISKY memang salah satu minuman yang harganya bisa mencapai setinggi langit. Semakin tua usia sebuah whisky, maka bisa semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Bahkan, ada whisky yang dijual dengan harga nyaris Rp700 juta. Brand whisky Glenfiddich, menjual produk mereka seharga Rp695,9 juta. Karena diklaim sudah berusia 50 tahun.

Adalah Time Re: Imagined keluaran Glenfiddich edisi 50 Years Old. Minuman 50 year old ini mengambil whisky yang telah matang dari tiga buah barel American Oak yang berbeda, kemudian dicampur dan dirampungkan ke dalam barel American Oak lainnya selama 2 tahun.

Whisky Mahal

Banyak faktor yang memengaruhi pematangan whisky, terutama kondisi iklim seperti tekanan udara, suhu, dan kelembapan udara yang mana pematangan akan sangat bergantung pada kondisi ini.

"Suhu tinggi pada musim panas akan mempercepat proses pematangan dan suhu rendah pada musim dingin akan memperlambatnya dan itu memberi efek dramatis pada hasil minuman beralkohol," terang laporan Glenfiddich, dikutip MNC Portal, Sabtu (26/11/2022).

Kondisi iklim pada waktu dan hari pematangan amat unik sehingga tidak akan bisa diulang dan direplika. Nah, karakter barel yang terbuat dari kaya ek dikombinasikan dengan kondisi iklim ini akan menghasilkan rasa yang distingtif pada whisky.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Karakter dari whisky 50 tahun ini adalah punya warna emas antik dengan aroma kulit jeruk dan clementine yang memenuhi rasa kompleks kue Madeira dan gula muscovado. Berkembang dari waktu ke waktu menjadi petrichor yang berembun di Dufftown, berbaur dengan geranium yang sedang berbunga.

Cita rasanya unik, punya rasa manis yang tersisa melunak menjadi oak tanin yang dalam dan halus seperti sutra dan vanila yang dikeringkan. Sentuhan akhirnya adalah oaky yang manis dan sangat tahan lama.

Sementara itu, menurut Brian Kinsman selaku Glenfiddich Malt Master, dalam menghasilkan whisky, Malt Master dituntut untuk menemukan keseimbangan antara rasa whisky dan intensitas barel kayu eknya.

"Namun, kami tidak dapat menyadari bagaimana setiap barel, setiap botol, benar-benar unik, karena waktu yang dihabiskan untuk matang berbeda. Pun alam dan waktu memiliki peran besar dalam pembuatan whisky," terang Kinsman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini