Share

Ramai Perbincangan "Rambut Putih," Ini 8 Makanan Atasi Uban Muncul Dini!

Vivin Lizetha, Okezone · Minggu 27 November 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 298 2715638 ramai-perbincangan-rambut-putih-ini-8-makanan-atasi-uban-muncul-dini-M0rksWRxx3.jpg Ilustrasi makanan penunda tumbuhnya rambut putih atau uban. (foto: Unsplash)

PERBINCANGAN "rambut putih" sedang viral di media sosial. Ini berkaitan dengan pidato Presiden Joko Widodo dalam acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Sabtu (26/11/2022) lalu.

Dalam pidato, beliau menyebutkan bawah pemimpin yang memikirkan rakyatnya bisa dilihat dari penampilannya, seperti muka hingga rambut.

 Makanan penunda rambut putih atau uban

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan, dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Terlepas dari perbincangan tersebut, rambut putih ataj yang sering disebut uban terkadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Alagi jika dialami pria atau wanita yang masih berusia 20-an atau 30-an.

Gaya hidup, gen, atau penyakit tertentu dapat menyebabkan kondisi tersebut. Namun Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Dikutip dari NDTV, ada beberapa makanan yang dapat mengetasi tumbuhnya rambut putih secara dini. Berikut ulasannya untk Anda.

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah makanan super yang mengejutkan, tetapi sangat kaya akan berbagai nutrisi, terutama antioksidan. Antioksidan membantu membersihkan racun dari tubuh yang mungkin menyebabkan rambut beruban prematur. Ini juga kaya akan tembaga yang membantu produksi melanin.

2. Jamur

Jamur kaya akan tembaga. Seperti disebutkan di atas, tembaga membantu produksi melanin. Melanin adalah komponen pigmen yang bertanggung jawab memberi warna pada rambut kita dan juga kulit kita. Kurangnya melanin juga dapat mempercepat rambut beruban.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

3. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau mengacu pada kelompok sayuran silangan. Kelompok ini meliputi bayam, kembang kol, brokoli, kol, kangkung, dan sebagainya. Sayuran ini sangat kaya akan zat besi, folat, vitamin, kalsium, dan nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan rambut.

4. Produk susu

Produk susu seperti susu, keju, yogurt, dll kaya akan vitamin B12, kalsium, protein, dan berbagai nutrisi lain yang membantu produksi melanin. Yogurt khususnya adalah probiotik dan kaya akan antioksidan.

 Makanan penunda rambut putih atau uban

5. Telur

Telur kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan rambut. Ini juga kaya akan vitamin B12, yang kekurangannya terkait dengan uban prematur. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi telur utuh dan bukan telur putih saja.

6. Kedelai

Kedelai sangat serbaguna dan populer sebagai pengganti protein untuk diet nabati. Namun, kedelai juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya. Jenis yang difermentasi juga dapat memberi tubuh antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal penyebab uban prematur.

7. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi sangat bagus untuk orang yang mengalami uban prematur. Makanan fermentasi seperti kombucha, kimchi, acar, dan makanan probiotik lainnya memastikan pencernaan yang lebih baik. Pencernaan yang lebih baik meningkatkan kadar biotin dalam tubuh. Komponen biotin secara langsung mempengaruhi kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

8. Lentil

Lentil adalah sejenis kacang-kacangan yang bentuknya gabungan kacang hijau dan biji jagung. Lentil merupakan sumber vitamin B9 dan berbagai nutrisi lain yang menjaga kesehatan rambut. Lentil juga sangat serbaguna dan dapat dimasak dengan berbagai cara berbeda yang membuatnya mudah untuk memasukkannya ke dalam makanan harian.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini