Share

Teman Curhat Depresi dan Ingin Bunuh Diri, Ini 5 Cara Mencegahnya!

Raden Yusuf Nayamenggala, MNC Portal · Minggu 27 November 2022 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 612 2715654 teman-curhat-depresi-dan-ingin-bunuh-diri-ini-5-cara-mencegahnya-C4WFd7365H.jpg Ilustrasi cara cegah orang untuk bunuh diri. (foto: istimewa)

BARU-BARU ini viral di cuitan twitter tentang kisah pria yang mengabai pesan singkat temannya. Kemudian tak berapa lama, temannya tersebut meninggal dunia karena bunuh diri. Sang pria cukup menyesal karena tak segera membalas pesan sang sahabat. 

"Teman (senior) pukul 2 pagi text dan ingin ngobrol. Karena saya setengah ngantuk, agak saya abaikan. Dan dia akhirnya sadar diri dan bilang nanti aja. Dan besoknya saya dapat berita beliau meninggal dengan bunuh diri dengan jerat leher," tulis @SpesialFollower.

Cara cegah orang bunuh diri

Berkaca pada kasus ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang sekitar ketika ada teman, sahabat, keluarga yang hendak bunuh diri. Ketika seorang teman kamu akhir-akhir ini sempat curhat kepadamu dan ingin bunuh diri karena permasalahan yang berat. Kamu jangan lantas asal menjawabnya.

Karena, ada beberapa cara gara teman yang ingin melakukan percobaan bunuh diri bisa dicegah dihimpun dari berbagai sumber. Langkah-langkah di bawah ini, bisa membantu kamu mendukung teman kamu di masa-masa krisis.


1. Jangan Menyebut Soal "Bunuh Diri"

Disaat teman kamu pernah menyebut ingin bunuh diri, maka menyingkirkan penyebutan tentang bunuh diri, akan membatalkan niatan teman kamu untuk bunuh diri. Contohnya yakni Anda dapat mengatakan "Saya merasa sedikit khawatir tentang Anda, Apa yang bisa saya bantu"


2. Perhatikan Bahasa dan Perilaku

Banyak orang yang bicara soal bunuh diri, dengan cara yang tidak jelas. Seperti dengan mencerminkan rasa malu, putus asa, maupun gagal. Seseorang mungkin mengatakan 'Saya ingin mati' atau 'Sya ingin Bunuh Diri'. Tanda-tanda tidak selalu berarti teman kamu berpikir untuk bunuh diri, tetapi tidak ada salahnya bagi kamu untuk berbicara saat tindakan atau bahasanya temanmu cukup


3. Tanyakan Langsung Pada Teman

Ketika teman memberitahu bahwa dia ingin melakukan percobaan bunuh diri, kamu bisa mendapat gambaran yang lebih baik dengan mengajukan beberapa pertanyaan penting. Kamu perlu mengkonfirmasi kembali ke temanmu, agar benar-benar berpikir untuk bunuh diri. Caranya, kamu bisa bertanya seperti Apakahkamu berpikir untuk mengakhiri hidupmu?

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Pancing Temanmu untuk Membicarakannya

Cobalah pancing temanmu untuk membicarakannya secara baik baik. Rasa takut dengan respons yang kurang baik wajar saja terjadi, namun menghindar dari subjek tidak akan membantu. Teman kamu mungkin menganggap pengindaraan sebagai tanda bahwa kamu tidak nyaman membciarakan bunuh diri.

5. Menawarkan belas kasihan

Saat berbicara dengan seseorang ynag memiliki pemikiran untuk bunuh diri, apa yang kamu katakan itu sangat penting. Kamu jangan menyangkal kesusah mereka. Cobalah untuk memecahkan masalah mereka, meski tidak kaan membantu. Sebaiknya, Untuk memvalidasi perasaan mereka dan menawarkan harapan pada saat yang sama, seperti Saya khawatir tentang kamu, karena saya peduli, dan saya ingin menawarkan dukungan semampu saya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini