Share

5 Kuliner Khas Qatar yang Unik dan Menggugah Selera

Wulansari Listya, Okezone · Senin 28 November 2022 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 298 2716104 5-kuliner-khas-qatar-yang-unik-dan-menggugah-selera-uKTdHVE0Tu.jpg Kuliner khas Qatar (Foto: Instagram/@evergreen_organics)

QATAR menjadi sorotan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Tak hanya pertandingan sepak bola terakbar se-jagat, kebudayaan dan kehidupan di Qatar juga mengundang rasa penasaran. 

Salah satunya kuliner-kuliner yang tersaji di Qatar. Mencoba makanan tradisional menjadi salah satu cara yang baik untuk mempelajari budaya bangsa Arab seperti Qatar.

Negara yang terletak di semenanjung Teluk Persia ini dikenal memiliki kuliner yang unik dan menggugah selera. Berikut makanan khas Qatar yang dirangkum dari offalyexpress.ie, Senin (28/11/2022). 

1. Machboo

Machboo

(Foto: Instagram/@allobeirutstreetfood)

Machboo adalah hidangan nasional Qatar yang sangat direkomendasikan. Makanan ini biasanya terdiri dari ayam atau domba yang dimasak dengan nasi, bawang, tomat, dan rempah-rempah. Machboo adalah variasi lokal dari kabsa, hidangan yang sering dimakan di seluruh dunia Arab. Hal lain yang juga menjadi pembeda adalah kabsa biasanya disajikan dengan laban (sejenis yoghurt), sedangkan machboo tidak.

2. Luqaimat

Luqaimat

(Foto: Instagram/@bateekh.w.jebneh)

Luqaimat dapat digambarkan sebagai donat namun dengan bentuk bulat kecil. Makanan manis ini termasuk kue yang enak sangat populer di seluruh Qatar. Luqaimat berbentuk adonan bola kecil yang digoreng dan dicelupkan ke dalam sirup atau madu, dan ditaburi gula atau biji wijen. Asal-usulnya diperkirakan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, di mana pemenang Olimpiade diberi 'token madu'.

3. Madroba

 Madroba

(Foto: Instagram/@whonoms)

Secara tampilan, makanan ini terlihat seperti bubur yang kental. Madrouba terbuat dari gandum atau oat, ayam, dan banyak bumbu. Versi asli hidangan ini berasal dari Oman, dan disana menggunakan nasi sebagai pengganti gandum. Madrouba lebih enak dimakan saat panas dan biasanya dihiasi dengan potongan jeruk nipis untuk menambah cita rasa yang lezat.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Balaleet

Balaleet

(Foto: Instagram/@whonoms)

Hidangan ini cukup populer di seluruh Teluk, dan merupakan makanan dengan kombinasi rasa manis dan gurih yang jarang terlihat dalam masakan Barat. Mi sohun dimasak dengan gula, mentega, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan kapulaga, serta tambahan toping telur dadar gurih. Secara tradisional, hidangan ini dimakan saat sarapan, serta bisa disajikan panas atau dingin.

5. Thareed

Thareed

Makanan ini cukup mudah untuk dibuat. Thareed adalah roti pipih tipis yang direndam dalam kaldu tomat kental dan ditutup dengan segala jenis kentang, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan ini juga bisa disajikan dengan daging yang sering disantap saat umat Islam merayakan bulan Ramadhan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini