Share

4 Camilan Malam yang Tak Bikin Badan Gemuk, Bantu Bikin Tidur Pulas

Kevi Laras, MNC Portal · Senin 28 November 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 298 2716215 4-camilan-malam-yang-tak-bikin-badan-gemuk-bantu-bikin-tidur-pulas-WGcMFNRKig.jpg Ilustrasi Kebiasaan Ngemil. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu penyebab seseorang sulit untuk menurunkan berat badan adalah kebiasaan ngmil, apalagi di malam hari. Kebiasaan ngmil malam hari pun kerap dikaitkan dengan peningkatan berat badan, risiko obesitas, memicu gangguan pencernaan, mengakibatkan lonjakan gula darah, hingga mengganggu kualitas tidur.

Selain itu, ngemil di malam hari juga disebut dapat mengganggu perkembangan hormon dalam tubuh. Tapi, sebenarnya ada camilan yang aman dikonsumsi di malam hari loh.

Selain rasanya enak, tentu yang paling penting adalah camilan tersebut sehat, Berikut 5 camilan malam untuk diet, yang sehat dirangkum dari berbagai sumber.

Camilan Sehat

Kacang hijau

Kandungan karbohidrat dikacang hijau, bisa membuat anda kenyang tapi tak takut dengan akan bermasalah dengan berat badan. Satu porsi kacang hijau mencakup lebih dari 25% kebutuhan serat, tiamin, folat, mangan, dan vitamin A, C, dan K harian.

Kacang hijau juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga , dan beberapa vitamin B lainnya.

Oatmeal

Oatmeal yang hangat dengan irisan buah mungkin cocok untuk camilan malam sebelum tidur. Oatmeal adalah sumber serat sangat baik, termasuk beta-glukan, yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol Anda.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Pisang

Buah pisang megandung kalium, magnesium, dan triptofan yang diklaim mampu membantu memperbaiki siklus tidur. Zat-zat tersebut mampu membuat tidur lebih berkualitas, dengan cara membuat otot lebih rileks dan merangsang produksi hormon tidur yakni serotonin dan melatonin.

"Makan pisang dengan selai kacang juga bisa membantu sebelum tidur, karena pisang mengandung magnesium yang, seperti disebutkan, membantu mendukung tidur yang nyenyak," kata Carissa Galloway, RDN, konsultan nutrisi di Premier Protein dilansir Well Good.

Yogurt

Menyukai buah adalah hal yang menguntungkan karena beragam vitamin didalamnya. Saat diet, kita juga perlu buah, maka bisa dijadikan camilan di waktu malam.

Salah satu menu rekomendasinya yaitu yogurt tawar dan tambahkan rasa dengan buah beri, kacang cincang, dan madu kaya antioksidan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini