Share

Mana yang Lebih Bagus, Minum Kopi Panas atau Dingin di Pagi Hari?

Adinda Fahrani, Jurnalis · Senin 28 November 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 298 2716247 mana-yang-lebih-bagus-minum-kopi-panas-atau-dingin-di-pagi-hari-KrDdXZBHks.jpg Ilustrasi Minum Kopi. (Foto: Shutterstock)

SUDAH menjadi pengetahuan umum bahwa kopi adalah laksatif rutin terbaik. Namun, apakah suhu dari kopi tersebut dapat mempengaruhi efektivitas buang air besar di pagi hari?

Bagi beberapa orang, agar dapat buang air besar di pagi hari sangatlah mudah. Mereka hanya perlu secangkir kopi hangat dan kegiatan BAB pun menjadi lancar.

Namun, seiring dengan perubahan cuaca yang menjadi lebih hangat dari sebelumnya, banyak orang beralih ke kopi dingin. Hal ini juga mempengaruhi kegiatan BAB mereka di pagi hari yang dirasa menjadi kurang aktif atau tidak lancar dilansir dari laman Body and Soul.

Sekarang ini bisa saja hanya kebetulan belaka, atau bisa jadi kopi panas membuat perut kita tercekik, sesuatu yang tidak bisa ditandingi oleh kopi dingin. Kopi memang diketahui memiliki kemampuan langka yang dapat menggerakkan sistem pencernaan manusia.

Menurut dr Will Bulsiewicz, seorang gastroenterologist bersertifikat, hal tersebut adalah hasil dari gelombang tekanan. “Alasan mengapa hal ini terjadi adalah kopi biasa dan kopi tanpa kafein meningkatkan aktivitas usus besar, yang menyebabkan gelombang tekanan lebih banyak,” katanya.

Kopi

Kita semua tahu bahwa hal ini dapat terjadi dalam hitungan detik setelah kita meminum kopi. “Kami menduga itu karena hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap kopi, mengingat seberapa cepat motilitas dapat meningkat,” tambahnya.

Walaupun dr Bulsiewicz mengatakan bahwa semua kopi memiliki dampak yang sama, tetapi kopi tanpa kafein tidak seefektif kopi berkafein. Perlu diingat juga bahwa semua tubuh berbeda dan tidak semua kafein berefek sama pada semua orang.

“Kita semua berbeda dan memiliki respons individual terhadap kopi. Ada yang tidak BAB karena minum kopi, ada juga yang justru diare,” kata dr Bulsiewicz.

“Tetapi bagi sebagian besar dari kita, kopi membantu merangsang kunjungan pagi yang menyenangkan dan memuaskan ke toilet,” jelas dia.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Jadi, apakah kopi panas benar-benar membuat kamu lebih banyak buang air besar daripada kopi dingin? Meskipun perut kita merasa berbeda ketika meminum kopi panas dan kopi dingin, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hal ini berpengaruh secara signifikan.

“Sayangnya, belum ada penelitian yang jelas untuk menentukan pengaruh suhu minuman terhadap pergerakan usus,” kata dr Bulsiewicz.

Namun, terdapat banyak penelitian mengenai motilitas usus besar, dimana minuman hangat lebih berpengaruh dibandingkan minuman dingin tanpa adanya kafein.

Jadi, jika kita mengambil perkiraan berdasarkan informasi tentang masalah ini, bisa jadi sangat baik dan benar bahwa kopi panas adalah cara kamu untuk buang air besar setiap pagi, namun, ini mungkin yang bisa kita uji sendiri di rumah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini